Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihkan Endapan Oli di Mesin Motor, Apakah Perlu Turun Mesin?

Muhammad Farhan - Kamis, 18 November 2021 | 18:20 WIB
Ilustrasi overhaul alias turun mesin
Youtube/Saudara Motor
Ilustrasi overhaul alias turun mesin

GridOto.com – Atasi masalah berupa munculnya oil sludge atau endapan oli mesin motor, apakah perlu sampai turun mesin untuk mengatasinya?

Susah dilihat dengan mata langsung, masalah oil sludge rentan dialami motor bekas kondisi berumur atau jarak tempuh tinggi.

Tergantung kondisi saat pemeriksaan, ada dua pilihan solusi untuk mengatasi terjadinya endapan oli di dalam mesin motor.

“Kalau diperiksa hasilnya masih dalam tahap ringan, oil sludge bisa coba diatasi dengan cara pakai engine flush,” ungkap Taufik, mekanik Suzuki Mahkota Inti Sejahtera yang ada di Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Gampang! Begini Cara Cegah Munculnya Endapan Oli Mesin di Motor

Buat yang belum tahu, cara kerja cairan engine flush dipakai dengan cara dicampur ke dalam oli mesin sebelum proses ganti oli dilakukan.

Selanjutnya, nyalakan mesin motor selama sekitar 5 menit supaya cairan engine flush bisa bekerja optimal dan mampu merontokan pengendapan oli yang terjadi.

Ilustrasi cara pakai engine flush di mesin motor
automotiveexist.blogspot
Ilustrasi cara pakai engine flush di mesin motor

“Selama oli mesin yang terpakai masih dalam kondisi normal saat dicek, pemakaian cairan engine flush enggak diperlukan,” jelasnya.

Namun kalau kondisi mesin motor sudah terjadi pengendapan oli yang cukup parah, solusi terakhir tentu dengan cara turun mesin untuk dibersihkan total.

Baca Juga: Supaya Tidak Berdengung, Begini Cara Merawat Gardan di Motor Matic

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa