Supaya Awet, Begini Cara Merawat Tabung Reservoir Radiator di Motor

Muhammad Farhan - Selasa, 14 September 2021 | 12:40 WIB
Posisi tabung reservoir radiator Honda CRF250 Rally
Farhan
Posisi tabung reservoir radiator Honda CRF250 Rally

GridOto.com – Supaya awet meskipun sudah berumur, begini cara merawat tabung reservoir air radiator di motor.

Karena jarang diperhatikan, sistem pendinginan mesin di motor bisa terganggu akibat kerusakan di bagian tabung reservoir.

Nah cara merawat tabung reservoir sendiri ternyata terbilang mudah, yaitu cukup tambahkan air radiator jika terlihat sudah berkurang dari semestinya.

“Caranya cukup diperiksa berkala, pastikan air radiator di tabung reservoir selalu dalam posisi penuh yaitu sejajar di garis upper,” jelas Anggi Rizky, kepala mekanik AHASS Honda Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Penyebab Bunyi Berisik dari Radiator Motor Matic, Ternyata Sepele

Enggak perlu terlalu sering, pemeriksaan tersebut bisa dilakukan setidaknya setiap empat bulan sekali atau minta mekanik cek saat motor sedang masuk jadwal servis rutin.

Sebab kalau sampai berkurang banyak dan dibiarkan lama, tabung reservoir bisa getas atau retak akibat terpapar panas dari mesin atau bagian knalpot motor.

“Dengan selalu terisi air radiator sesuai rekomendasi, tabung reservoir lebih terlindungi dari panas sehingga enggak cepat rusak,” ungkapnya.

Selain itu, usahakan untuk tidak mencampur air radiator beda merek serta penggunaan cairan lain yang tidak disarankan pabrikan seperti air biasa.

Baca Juga: Pakai Air Radiator Mobil di Motor, Apakah Bisa dan Aman Buat Mesin?


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa