Biar Enggak Heran, Ini Jawaban Kenapa Vespa 2-Tak Sering Dimiringkan ke Kanan oleh Pemiliknya

Harun Rasyid - Kamis, 22 Juli 2021 | 18:32 WIB
Ilustrasi memiringkan Vespa 2 tak ke kanan sebelum dihidupkan
Harun/GridOto.com
Ilustrasi memiringkan Vespa 2 tak ke kanan sebelum dihidupkan

GridOto.com - Memiringkan motor ke kanan, jadi salah satu kebiasaan unik pengguna Vespa tua bermesin 2-tak sebelum menghidupkan mesinnya.

Biasanya memiringkan Vespa tua ke kanan, dilakukan saat kondisi mesin dalam keadaan dingin.

Sebab jika tidak dimiringkan, umumnya Vespa 2-tak akan cukup sulit dihidupkan sehingga langkah ini sering dilakukan.

Menurut Syafrizal selaku Penghobi skuter lawas asal Italia tersebut, kebiasaan memiringkan Vespa ke kanan akibat posisi mesin yang berbeda dari motor pada umumnya.

"Sebenarnya enggak semua Vespa 2-tak perlu dimiringkan sebelum dihidupkan, hal ini khusus untuk Vespa seri Largeframe seperti PX 150, Excel 150, Sprint 150 atau Wideframe semisal VBB yang mesinnya ada di kanan," buka Pria yang bekerja sebagai Montir Vespa 2-tak di Bengkel Isal di Depok, kepada GridOto.com, Rabu (21/7/2021).

"Jadi kenapa Vespa harus dimiringkan ke kanan? Simpelnya sih karena mesin, dan karburator untuk penghisapan bensinnya ada di sebelah kanan motor, jadi ini dilakukan agar bensin turun ke karburator dan masuk ruang bakar. Hal ini memang cuma ada di Vespa saja, kalau motor lain enggak perlu," lanjutnya.

Pria yang akrab disapa Isal ini menyebut, kebiasaan ini bermula dari kondisi pelampung bensin Vespa yang rusak atau sudah termakan usia.

"Sebenarnya bisa saja enggak dimiringin kalau kondisi pelampung bensinnya normal. Tapi karena sebagian pemiliknya malas ganti pelampung, biasanya diakalin dengan diganjal pakai alumunium foil. Jadi alasannya daripada karbu banjir, mending dimiringin sebelum dinyalakan," jelasnya.

Baca Juga: Vespa Excel Tambah Bikin Ngiler Ditopang Kaki-kaki Vespa Modern


Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa