Tips Beli Motor Bekas, Periksa Warna Oli Untuk Cek Kondisi Mesin

Muhammad Farhan - Sabtu, 17 Juli 2021 | 07:30 WIB
Ilustrasi cek kondisi oli motor
YouTube.com/Motor Plus
Ilustrasi cek kondisi oli motor

GridOto.comTips beli motor bekas, lakukan pemeriksaan pada oli mesin yang digunakan dengan cara lihat warnanya untuk cek kesehatan kondisi mesin.

Cara melihat warna oli mesin bisa digunakan sebagai alternatif selain dicek dengan cara menyalakan mesin motor dan mendengarkan suaranya.

Bisa kalian lakukan sendiri, caranya cukup dengan membuka dipstik oli mesin atau lihat dari lubang intip di blok mesin motor.

“Warna oli di mesin bisa menjadi gambaran seperti apa kondisi oli mesinnya. Dalam kondisi sehat dan oli masih bagus maka warnanya seperti kuning kecoklatan,” terang Chandra, pemilik toko oli Sentra Otomotif, Jelambar, Jakarta Barat.

Baca Juga: Biar Tidak Bingung, Begini Panduan Aman Ganti Oli Gardan Motor Matic

Sedangkan jika warna oli sudah gelap kehitaman, tandanya oli mesin sudah kotor sehingga perlu segera diganti baru.

Nah kalau pada oli mesin seperti terdapat serpihan halus atau gram, bisa jadi ada komponen mesin yang sudah aus sehingga disarankan untuk servis besar agar dilakukan pengecekan menyeluruh.

Ilustrasi patokan warna oli mesin layak pakai (1-5) dan harus diganti
carbuyerlabs
Ilustrasi patokan warna oli mesin layak pakai (1-5) dan harus diganti

“Kalau warnanya berubah seperti kopi susu, ada kemungkinan oli mesin sudah tercampur air. Segera kuras dan ganti oli dan lakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan penyebabnya,” lengkapnya.

Pada motor berpendingin cairan atau radiator, jika warna oli berubah seperti gelap kehijauan maka kemungkinan ada kebocoran komponen sehingga air radiator dan oli mesin tercampur.

Baca Juga: Jangan Lengah! Ini Ciri Motor Matic Yang Oli Mesinnya Tinggal Sedikit


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa