Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sepele Tapi Penting, Ini Fungsi Kotak Transparan di Aki Basah

Muhammad Farhan - Kamis, 8 Juli 2021 | 12:10 WIB
Ilustrasi pilihan aki basah buat motor
blogspot.com
Ilustrasi pilihan aki basah buat motor

GridOto.com – Banyak yang penasaran kenapa aki basah punya kotak transparan sehingga bagian dalamnya terlihat? Ternyata ini fungsinya.

Tentunya kotak kemasan aki basah yang transparan ini berbeda dengan aki kering atau aki maintenance free (MF) yang punya fisik berwarna gelap atau tidak terlihat bagian dalamnya.

Bukan hanya berfungsi membedakan antara aki basah dan aki kering, namun juga karena perbedaan perawatan kedua jenis aki tersebut.

“Dengan fisik transparan, fungsinya supaya memudahkan pemilik dalam mengecek level ketinggian air aki di dalam aki basah,” jawab Warso, pemilik Toko Aki Sonjaya di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Awas, Membiarkan Kebel Aki di Motor Rusak Bisa Munculkan Efek Negatif

Selain kotak  kemasannya yang transparan, pada aki basah terdapat dua garis indikator batas minimal dan maksimal air aki yang terisi.

Supaya sel aki terendam sempurna, kondisi air aki atau cairan elektrolit yang terisi perlu diperiksa rutin dan tetap selalu ada di atas batas minimal yang ditetapkan.

Ilustrasi aki kering buat motor
Fadhliansyah
Ilustrasi aki kering buat motor

“Untuk motor penggunaan harian, setidaknya lakukan pengecekan kapasitas air aki basah setiap sebulan sekali,” lengkapnya.

Nah supaya kapasitas air aki tetap stabil, pastikan fisik aki tidak ada yang retak atau bocor dan pastikan kedua terminal aki bersih bebas dari jamur atau kerak putih.

Baca Juga: Gejala Aki Motor Lemah Bisa Dideteksi Dari Klakson, Ini Cirinya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa