Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Tentang Rem, Ini Arti Ngeblong yang Populer di Kalangan Bismania

Naufal Shafly - Kamis, 1 Juli 2021 | 08:00 WIB
Ilustrasi bus mendahului bus lain
Tribun Jogja/Ist
Ilustrasi bus mendahului bus lain

GridOto.com - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, istilah ngeblong biasanya identik dengan situasi sistem pengereman di kendaraan yang tidak berfungsi.

Namun di kalangan pecinta bus khususnya bagi rekan-rekan Bismania Community (BMC), istilah ngeblong sama sekali tak ada kaitannya dengan sistem pengereman.

Bahkan, tak jarang penumpang bus mendengar slogan 'ora ngeblong ora penak' yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti 'enggak ngeblong enggak enak'.

Lantas, apa sih arti ngeblong yang populer di kalangan pecinta bus? Menanggapi hal ini Zainal Arifin selaku Ketua Umum BMC memberikan penjelasannya.

Baca Juga: Ngaku Bismania? Wajib Kenal Sama Citroen U55 Cityrama, Bus Tingkat Unik yang Ada Tanduknya Kayak Ultraman!

Menurut pria yang akrab disapa Kang Cep ini, ngeblong adalah istilah yang digunakan untuk bus ketika sedang mendahului kendaraan di depannya.

"Ngeblong itu sama dengan menyalip. Jadi ada istilah ngeblong kiri artinya mendahului dari kiri, ngeblong kanan mendahului dari kanan," ucap Kang Cep saat dihubungi GridOto.com, Rabu (30/6/2021).

Berdasarkan referensi lainnya, ngeblong juga bisa diartikan sebagai bus yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi alias ngebut.

Jadi itu dia sob, arti kata ngeblong yang sering terdengar di kalangan pecinta bus.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa