PPnBM Nol Persen Mobil Baru, Stimulus Industri Otomotif Tanah Air?

Pilot - Senin, 22 Februari 2021 | 14:50 WIB
Usulan PPnBM dibuat nol persen untuk menstimulus industri otomotif
Dok. OTOMOTIF
Usulan PPnBM dibuat nol persen untuk menstimulus industri otomotif

GridOto.com - Jika tidak ada perubahan, Pemerintah akan memberikan potongan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen untuk mobil baru pada 1 Maret 2021.

Tahun lalu wacana PPnBM nol persen juga sempat muncul dan ramai diperbincangkan. Namun akhirnya meredup ketika ditolak oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Langkah pemberian PPnBM nol persen ini diambil pemerintah sebagai upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Industri otomotif merupakan salah satu sektor yang terkena dampak pandemi Covid-19 paling besar. 

Penjualan tahun 2020 hanya tembus 532.027 unit (whole sales) dan  578.327 unit (retail). Turun 48,3% dibanding tahun sebelumnya (2019) yang tembus  1.030.126 unit.

Baca Juga: Toyota Masih Tunggu Petunjuk Teknis Hitungan PPnBM, 5 Model Ini Harganya Bakal Turun Maret 2021

Diharapkan relaksasi PPnBM ini dapat meningkatkan pembelian dari masyarakat dan memberikan jumpstart pada perekonomian.

Adanya wacana ini menimbulkan pra dan kontra di masyarakat. Otomatis juga membuat konsumen yanng tadinya akan membeli mobil jadi menahan niatnya dan menunggu hingga bulan Maret. Tentu dengan harapan akan dapat potongan harga yang lebih besar.

Ekspektasi calon pembeli jadi tinggi, apalagi banyak media yang mengulas prediksi perhitungan potongan harga yang akan didapat jika peraturan ini diterapkan.

 


Editor : Pilot

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa