Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Mulai Januari 2021, Mobil Teranyar Daihatsu akan Dilengkapi Alat Pemadam Api

Fathia Yasmine - Jumat, 19 Februari 2021 | 09:35 WIB
Mobil Daihatsu Produksi 2021 Dilengkapi APAR (Alat Pemadam Api Ringan)
Dok. Daihatsu
Mobil Daihatsu Produksi 2021 Dilengkapi APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

GridOto.com – Pada Oktober 2020, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan regulasi yang mewajibkan seluruh kendaraan roda empat keluaran terbaru untuk memiliki fasilitas tanggap darurat.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi risiko  terjadinya korban kecelakaan dan kebakaran pada kendaraan bermotor. Adapun peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020. Fasilitas yang dimaksud adalah alat pemadam api ringan atau APAR.

Pemberitaan Kontan (8/10/2020) menyebut, peraturan ini mulai dijalankan per Januari 2021. Artinya, setiap kendaraan keluaran dealer harus memiliki ruang penyimpanan yang mampu menjaga isi dari APAR itu sendiri.

Menyikapi peraturan ini, Daihatsu sebagai agen pemegang merk (APM) pun mulai menyematkan fasilitas APAR dan bracket khusus di seluruh line up mobil keluarannya. Penambahan fasilitas ini telah dilakukan Daihatsu sejak Januari 2021, sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan bagi penggunanya.

Baca Juga: Jalan Provinsi Penghubung Kota Batu dan Kabupaten Kediri Retak, Rekayasa Lalu Lintas Dilakukan!

Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, fasilitas APAR akan diberikan pada seluruh unit model dan varian terbaru Daihatsu. Diharapkan, keberadaan fasilitas ini dapat memberi rasa aman dan nyaman selama berkendara.

“Guna memudahkan pengguna dalam keadaan darurat, Daihatsu meletakan APAR di dalam bracket yang berada di posisi bawah bangku penumpang depan. Posisi ini dipilih agar mudah dijangkau namun tidak menggadaikan kenyamanan duduk penumpang,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima GridOto, Selasa (16/2/2021).

Posisi peletakkan APAR pada mobil Daihatsu berjenis Komersil
Dok. Daihatsu
Posisi peletakkan APAR pada mobil Daihatsu berjenis Komersil

Anjar juga menyebut, peletakan APAR akan diseragamkan bagi kendaraan penumpang maupun kendaraan komersil. Fitur APAR yang disematkan telah bersertifikat SNI dan berisikan dry chemical powder yang dapat menutup permukaan yang terbakar api dengan cepat, dan tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di area sekitarnya.

Model APAR ini juga dapat dapat mengatasi berbagai macam kebakaran pada kendaraan, mulai dari kebakaran pada benda padat nonlogam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu, kebakaran baik pada cairan, gas, maupun uap yang mudah terbakar, hingga kebakaran pada benda kelistrikan.

Lebih lanjut, Anjar menjelaskan bahwa APAR yang digunakan Daihatsu memiliki daya tahan yang baik sehingga aman ketika digunakan dan tidak beracun. Terkait masa berlaku penggunaan, Anjar menyebut APAR dapat disimpan selama delapan tahun dalam kondisi belum dibuka atau digunakan.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa