Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Gridoto dengan BAF

Motor Belum Selesai Kredit Sudah Jadi Sasaran Curanmor, Ini Langkah Supaya Enggak Rugi

Nana Triana - Sabtu, 21 November 2020 | 11:26 WIB
Ilustrasi seorang korban Curanmor.
Dok. Istimewa
Ilustrasi seorang korban Curanmor.

GridOto.com – Sepeda motor selalu menjadi andalan masyarakat urban untuk membantu mobilitas sehari-hari. Selain lebih ringkas, dapat dibawa selap-selip diantara padatnya kendaraan di jalan, waktu tempuh juga lebih efisien ketika berkendara dengan alat transportasi ini.

Selain itu, saat ini beragam cara dan pilihan pembayaran yang ditawarkan oleh penyedia layanan pembiayaan juga membuat jenis kendaraan ini semakin mudah dijangkau.

Beberapa perusahaan pembiayaan menawarkan promo-promo. Misalnya saja, kredit motor dengan uang muka atau down payment (DP) ringan dan proses yang cepat, dimana konsumen cukup menyerahkan data diri, mengisi formulir, dan motor dapat langsung dikirim ke rumah.

Cicilan bulanannya pun fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kemampuan konsumen, mulai dari tenor pembiayaan 12 bulan hingga 48 bulan. Maka tak heran banyak konsumen memilih angsuran hingga 36 bulan atau sekitar 3 tahun.

Baca Juga: Punya Bukti CCTV, Bisakah Motor Hilang Kembali ke Pemilik ?Begini Penjelasan Polisi

Namun, di tengah masa cicilan tersebut beragam risiko dapat terjadi. Misalnya saja, seperti yang dialami Agus (33). Demi memenuhi kebutuhan transportasi hariannya, satu tahun lalu ia memilih untuk menyicil sepeda motor dengan tenor 36 bulan.

Malangnya, sepeda motor yang masih dicicil tersebut menjadi sasaran kriminal. Suatu hari, ia memerlukan obat untuk salah satu anggota keluarganya dan akhirnya memutuskan untuk pergi ke apotek terdekat dari rumahnya menggunakan sepeda motor.

Dalam perjalanan menuju apotek, ia dipepet oleh sekumpulan perampok yang pada akhirnya seluruh barang termasuk sepeda motor kesayangannya diambil secara paksa oleh perampok tersebut. Agus memang melewati jalan pintas yang tergolong sepi dan rawan kasus perampokan.

Ia hanya bisa berujar dalam hati, “seandainya saja tadi tidak terburu-buru dan bisa melewati jalan umum yang lebih ramai” Namun, nasi sudah menjadi bubur dan yang tersisa hanya perasaan sesal serta kalut.

Baca Juga: Motor Hasil Curian Mangkrak di Teluk Pucung, Bagaimana Cara Urusnya?

Selain tidak memiliki kendaraan untuk transportasi sehari-hari, cicilan dengan besaran normal masih tetap harus dibayar. Ibaratnya, mencicil barang yang sudah tidak dimiliki.

Selain nasib malang yang dialami Agus, risiko lain yang dapat terjadi di saat motor masih kredit adalah kecelakaan atau situasi lain yang menyebabkan motor mengalami kerusakan parah.

Nah, Sobat GridOto sebenarnya tidak perlu mengalami situasi mengesalkan tersebut jika cermat dalam memilih cicilan sepeda motor.

Beberapa perusahaan pembiayaan, seperti PT Bussan Auto Finance (BAF) memperhatikan kebutuhan konsumennya dan selalu berinovasi dalam berbagai program pembiayaan. Salah satunya dengan menyediakan perlindungan asuransi untuk motor yang tengah dicicil.

Baca Juga: Dari Yamaha Vega Force hingga FreeGo, Ini Daftar Motor Yamaha di Bawah Rp 20 Juta Per November 2020

Pembiayaan sekaligus asuransi seperti yang diberikan oleh BAF ini dapat dipertimbangkan karena memberikan beberapa keuntungan.

  1.  Lebih tenang dan nyaman saat bepergian

Saat bepergian kita tak akan pernah tahu risiko yang mengintai. Entah itu pencurian atau perampasan kendaraan.

Melansir dari Kompas.com (18/6/2020), pada masa transisi menuju new normal kasus curanmor meningkat. Pada minggu ke-24 di 2020 jumlah angka kriminalitas ini mencapai 5.876 kasus.

Mengingat situasi ekonomi semakin menghimpit akibat pandemi COVID-19, kejahatan curanmor bisa saja semakin marak.

Selain itu, kecelakaan lalu lintas. Jika kita tidak lalai, bisa jadi pengguna jalan lain yang lalai. Menurut data dari Kominfo.go.id, setiap jam rata-rata 3 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas dan 61 persen di antaranya akibat kelalaian pengendara di jalan raya.

Baca Juga: Modifikasi Yamaha NMAX Baru Ini Pasang Cover CVT Unik Tampil Beda

Dengan adanya asuransi, segala risiko yang terjadi akan membuat kita lebih aman dan nyaman dalam berkendara.

  1. Kerugian lebih minim

Asuransi motor sangat bermanfaat karena jika terjadi risiko yang menimpa kendaraan Sobat GridOto, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar dalam satu waktu untuk menggantinya atau memperbaikinya jika terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Yamaha Rilis Teaser Misterius, Yamaha All New NMAX Versi Apalagi Nih?

Premi yang dibayarkan beserta dengan cicilan akan membantu menutupi biaya tersebut. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengurus sendiri klaim asuransi untuk kendaraan yang hilang atau rusak parah saat masih dicicil karena pihak perusahaan pembiayaan akan membantu prosesnya.

  1. Pengendara juga mendapat perlindungan

Jika cermat memilih asuransi pembiayaan, Sobat GridOto juga dapat memperoleh keuntungan lebih. Misalnya saja, perlindungan akan kehilangan dengan tindak kejahatan, kerusakan total, hingga risiko cacat dan kematian akibat kecelakaan sekaligus.

Berikan yang Terbaik Bagi Konsumen, BAF Luncurkan Program 3 Perlindungan dalam 1 Pembiayaan Motor Yamaha.
Berikan yang Terbaik Bagi Konsumen, BAF Luncurkan Program 3 Perlindungan dalam 1 Pembiayaan Motor Yamaha.

Perlindungan 3 in 1 dari Perusahaan Pembiayaan

BAF sebagai salah satu perusahaan pembiayaan, yang memfasilitasi pembiayaan motor baru Yamaha secara 3 in 1. Konsumen dapat memperoleh tiga perlindungan dalam satu pembiayaan jika memilih layanan kredit dari BAF dan tidak perlu membayar premi secara terpisah. 

BAF memberikan perlindungan Total Loss Only (TLO) untuk kehilangan akibat pencurian, termasuk dengan perampasan yang disertai tindak kejahatan atau ancaman.

Tak hanya itu, BAF juga memberikan produk tambahan, yaitu Personal Accident+ (PA+), yang memberikan perlindungan kepada konsumen maupun sepeda motornya.

BAF memberikan santunan hingga Rp 20.000.000 langsung kepada konsumen yang mengalami kecelakaan dengan risiko kematian atau cacat permanen. Untuk biaya perawatan akibat kecelakaan BAF akan memberikan jaminan Rp 300.000 per tahun dan santunan sebesar Rp 3.000.000 jika meninggal dunia akibat sakit.

Baca Juga: Enggak Perlu Banyak Ubahan, Yamaha R15 Bisa Makin Sporty Begini

Terakhir, BAF memberikan asuransi maksimum Rp 5.000.000 per tahun yang akan diberikan sebagai ganti rugi biaya perbaikan atau penggantian sparepart akibat kecelakaan, baik kerusakan sebagian maupun kerusakan total mulai dari baret, penyok, pecah, dan lain-lain.

Khusus untuk perbaikan kerusakan, konsumen harus melakukan perbaikan motornya di bengkel resmi Yamaha agar pengajuan klaim dapat diproses.

Marketing Director BAF Armando Lung, mengatakan, BAF ingin memberikan perlindungan menyeluruh kepada konsumen, sebagai pemilik kendaraan.

“Dengan adanya Personal Accident+ (PA+) kami akan memberikan tambahan perlindungan untuk kendaraan yang bisa memberikan ganti rugi biaya perbaikan atas kerusakan-kerusakan kecil, dimana pada umumnya produk seperti ini hanya dipasarkan pada pembiayaan mobil saja, namun kini bisa kami berikan kepada konsumen motor,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Sabtu, (21/11/2020).

Baca Juga: Berminat Yamaha R25? Segini TCO yang Harus Dikeluarkan Selama Setahun

Ia juga menjelaskan bahwa produk kecelakaan diri (PA) baru diluncurkan BAF pada pertengahan 2019. Namun melihat respons yang sangat baik, BAF berusaha terus memberikan perlindungan terhadap konsumen salah satunya dengan menghadirkan PA+.

Bekerjasama dengan perusahaan asuransi rekanan BAF, kami terus berproses untuk mengembangkan produk ini, dan dengan melihat kebutuhan dari konsumen khususnya pada kendaraan tipe premium, pada akhirnya kami pilih produk PA+ ini dan kami luncurkan pada Oktober 2020,” jelas pria yang akrab disapa Alung itu.

Adapun 3 poin perlindungan yang dimaksud perlindungan (TLO, PA, Santunan Perbaikan Kerusakan Kendaraan) untuk saat ini baru bisa dinikmati oleh konsumen yang mengambil unit motor Yamaha tipe Automatic Premium (NMAX, XMAX, AEROX, LEXI), Moped Premium (Jupiter MX), New Model (WR 155R, XSR 155, WR 250), dan motor Sport Premium.

Sementara untuk Anda yang membeli tipe motor matik standar, matik Low End, dan motor sport standar, tak perlu khawatir. BAF tetap akan memberikan perlindungan terbaik yaitu Asuransi Kendaraan Bermotor Total Loss Only (TLO) dan Asuransi Kecelakaan Diri / Personal Accident (PA).

Baca Juga: Modifikasi Yamaha NMAX Baru Dari Bali Pilih Konsep Daily Use Tapi Kencang#

“Program 3 Perlindungan Dalam 1 Pembiayaan Motor Yamaha ini dapat dinikmati oleh seluruh konsumen BAF dan Yamaha yang mengajukan pembiayaan motor Yamaha di BAF mulai tanggal 1 Oktober 2020, sebagai pilihan produk asuransi terbaik,” tutup Alung.

Mengenai jangka waktu perlindungan, BAF akan melindungi selama tenor pembiayaan di 1 tahun pertama untuk produk asuransi kecelakaan diri dan santunan perbaikan kerusakan kendaraan bermotor.

Bagi Sobat GridOto yang ingin bertanya seputar produk dari BAF manfaatkan chatbot modern yang disediakan. Anda akan dibantu Santi, personal virtual assistance BAF, yang dapat ditemui konsumen di LINE @baf.indonesia dan WhatsApp Business (08118018873).

Selain itu, Sobat GridOto bisa ajukan melalui Aplikasi BAF Mobile yang tersedia di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). BAF pun memiliki hotline BAF Care di 1500 750 atau SMS 087877800123, email bafcs@baf.id, dan Facebook Chat serta website www.baf.id

BAF, Proses Cepat Angsuran Tepat!


Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA

nextren

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa