Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dorong Perguruan Tinggi Kembangkan Kendaraan Otonom, Menhub: Ini Merupakan Wajah Baru Transportasi Indonesia!

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 6 September 2020 | 15:50 WIB
Kendaraan berteknologi swakemudi atau otonom punya potensi di pasar Indonesia. Bahkan bisa jadi transportasi pilihan di Ibu Kota Indonesia yang baru.
Orlandosentinel.com / Kevin Spear
Kendaraan berteknologi swakemudi atau otonom punya potensi di pasar Indonesia. Bahkan bisa jadi transportasi pilihan di Ibu Kota Indonesia yang baru.

GridOto.com - Seluruh produsen otomotif global saat ini sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan kendaraan otonom (autonomous vehicle) atau swakemudi.

Hal itu pun mendapatkan sorotan dari Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, yang mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk terus melakukan penelitian dan pengembangan kendaraan dengan teknologi otonom tersebut.

Menurutnya pengembangan kendaraan otonom ini diperlukan, mengingat pemerintah telah memiliki rencana untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan Timur.

Ibu kota baru tersebut nantinya akan dirancang dengan konsep smart, green dan sustainable city, sebagaimana sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Mengenal Enam Tingkatan Teknologi Swakemudi, Begini Penjelasannya

"Kami melihat bahwa pengembangan kendaraan otonom sangat erat kaitannya dengan konsep ibu kota baru," ungkap Budi dikutip dari Dephub.go.id, Sabtu (05/09/2020).

"Ke depannya kami jadikan ini sebagai dasar membangun sistem transportasinya. Ini merupakan wajah baru transportasi Indonesia," imbuhnya saat menghadiri acara Webinar 'How Will Autonomous Vehicle Transform Our New Capital' yang diselenggarakan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB.

Menteri Pehubungan, Budi Karya Sumadi.
Dephub.go.id
Menteri Pehubungan, Budi Karya Sumadi.

Budi mengungkapkan, pasar otomotif Tanah Air memiliki potensi yang begitu besar dan diprediksi penjualan kendaraan otonom bisa mengungguli mobil konvensional dalam 5 hingga 10 tahun mendatang.

Menhub juga mengapresiasi ITB yang sudah mulai melakukan penelitian dan pengembangan kendaraan otonom, karena mengetahui potensi ke depannya.

Baca Juga: Mantap! Tesla Berambisi Tahun Ini Bisa Bikin Taksi yang Bisa Nyetir Sendiri

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa