Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Undercarriage Detailing Kolong Mobil, Pahami Risiko yang Dihadapi

Radityo Herdianto - Rabu, 2 September 2020 | 12:00 WIB
Proses undercarriage detailing di Dressup Auto Detailer
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Proses undercarriage detailing di Dressup Auto Detailer

GridOto.com - Melakukan undercarriage detailing alias detailing kolong mobil ternyata memiliki sejumlah risiko yang dihadapi.

Detailing mobil juga bisa dilakukan pada area kolong mobil yang menjadi bagian paling mudah kotor dan sulit dibersihkan.

Memiliki harga yang cukup tinggi ternyata juga sebanding dengan risiko yang dihadapi selama proses detailing kolong mobil.

"Pertama bagian elektrikal di bagian kolong mobil, seperti modul transmisi otomatis atau suspensi adaptif elektronik," ujar Tommy, pemilik workshop DressUp Auto Detailer, Bintaro Permai kepada GridOto.com.

Menurut Tommy, bagian yang berkaitan dengan elektrikal sebisa mungkin dihindari disemprot langsung, dan dibersihkan langsung pakai cairan contact cleaner.

Undercarriage Detailing Kolong Mobil
Radityo Herdianto / GridOto.com
Undercarriage Detailing Kolong Mobil

Baca Juga: Masuk Puncak Musim Kemarau, Pentingnya Lapisan Coating pada Cat Mobil

"Atau supaya lebih aman mencegah risiko korsleting perlu ditutup dengan plastik supaya air tidak masuk," sebut Tommy.

Khusus untuk mobil dengan air suspension, balon karet cukup sensitif dengan semprotan tekanan tinggi yang berpotensi robek.

"Namanya material karet selalu kena panas dan kotor bisa mudah getas, nanti malah jadi bocor dan mobil ambles," tutur Tommy.

Yang terakhir adalah lug nut pelek mobil berpotensi mengalami slek atau jebol saat proses pemasangan kembali ketika roda mobil dilepas.

"Jadi sebelum dilepas kami harus tahu model lug nut-nya seperti apa, seberapa keras dikencangakan waktu dipasang," tutup Tommy.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa