Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertamina Berhasil Uji Coba Produksi Bahan Bakar Hijau Untuk Kendaraan, Presiden Jokowi Beri Komentar Begini

Harun Rasyid - Minggu, 16 Agustus 2020 | 17:34 WIB
Ilustrasi beberapa jenis BBM di SPBU
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi beberapa jenis BBM di SPBU

GridOto.com - D100 yang merupakan bahan bakar kendaraan diesel ramah lingkungan, berhasil diproduksi sebanyak 1.000 barel per-hari oleh PT Pertamina (Persero) sejak Juli lalu di Kilang Dumai, Riau.

Atas capaian uji coba produksi tersebut, Joko Widodo selaku Presiden Republik Indonesia menyampaikan, produksi D100 adalah upaya besar dalam membangun kemandirian di bidang energi.

"Tahun 2019, kita (Indonesia) sudah berhasil memproduksi B20, dan tahun ini (2020) sudah mulai B30, sehingga hal ini bisa menekan impor minyak atau bahan bakar kendaraan," kata Jokowi dalam keterangan resmi Pertamina, Jumat (15/8/2020).

Menurut Jokowi, selain minyak juga ada pengolahan sumber energi lain yang terus dilakukan untuk memajukan industri di Tanah Air.

Baca Juga: Bahan Bakar Green Diesel D-100 Diuji Coba, Menteri Perindustrian: Suara Mesin Halus

“Hilirisasi bahan mentah yang lain juga terus dilakukan secara besar-besaran. Batubara diolah menjadi metanol dan gas dan beberapa kilang dibangun untuk mengolah minyak mentah menjadi minyak jadi, dan sekaligus menjadi penggerak industri petrokimia yang memasok produk industri hilir bernilai tambah tinggi," ujarnya dalam pidato kenegaraan.

"Hal ini akan memperbaiki defisit transaksi berjalan, meningkatkan peluang lapangan kerja dan mulai mengurangi dominasi energi fosil," lanjut Jokowi.

Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mengungkapkan, pengolahan bahan bakar ramah lingkungan di Indonesia sangat didukung dengan melimpahnya sumber daya yang diperlukan.

"Indonesia punya semua apa yang diperlukan, tinggal kemudian bagaimana kita secara smart mengolah sumber daya ini menjadi energi yang bisa menciptakan kemandirian dan kedaulatan energi nasional," sebut Nicke.

Baca Juga: Mobil Mesin Diesel, Bagus Pakai Oli Heavy Duty atau Light Duty?

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa