Jangan Kaget! Beli Truk dan Bus Baru di Dealer Cuma Dapat Mobil Sepotong, Ternyata Ini Alasannya

Harun Rasyid - Sabtu, 15 Agustus 2020 | 19:21 WIB
Ilustrasi truk baru
Mitsubishitangerang.com
Ilustrasi truk baru

GridOto.com - Selain beda fungsi, cara membeli truk atau bus baru di dealer juga berbeda dengan mobil penumpang semisal MPV atau SUV.

Saat membeli mobil penumpang atau pribadi, sudah pasti pembeli akan mendapat unit secara utuh mulai dari mesin, bodi hingga seluruh bagian lainnya, sementara truk dan bus tidak.

Makanya, jangan heran ketika membeli bus dan truk baru, pembeli hanya mendapat mesin, sasis serta roda dan kepala truknya.

Menurut Engkos Kosasih, Business Consultant dealer Hino Indomobil Prima Niaga di Depok, Jawa Barat, dealer mobil komersial memang tidak pernah menjual unit yang langsung jadi atau utuh baik itu bus maupun truk.

Baca Juga: Mulai Rp 200 Jutaan, Berikut Daftar Harga Truk Hino Dutro Model Cargo di Jabodetabek

"Dealer truk atau bus baru memang hanya menjual unit berupa kepala, mesin, sasis serta rodanya. Hal ini karena bagian bodi bus, bak atau cargo truk akan dibuat oleh pihak karoseri bus dan truk," ujar Engkos kepada GridOto.com, Jumat (14/8/2020).

"Karena itu harga on the road yang tercantum di pricelist mobil komersial itu belum termasuk pembuatan bodi bus dan bagian muatan truk di karoseri," lanjutnya.

Namun Engkos menyebut, biaya pembuatan bak, cargo atau bodi bus di karoseri bisa melebihi harga unit yang dibeli konsumen di dealer.

Perakitan bodi bus di Karoseri Laksana di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah
Kompas.com
Perakitan bodi bus di Karoseri Laksana di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah


"Truk atau bus kan ada berbagai macam tipe dan modelnya, konsumen nantinya akan diberi tahu spesifikasi dari mobil yang dibeli. Misalnya truk tipe A fungsinya untuk bak terbuka atau tangki, tipe B untuk cargo atau wing box. Setelah beli mobilnya konsumen tinggal melengkapi bagian lainnya di karoseri. Tapi harga jasanya bisa sama atau lebih dari harga mobilnya, tergantung spek yang diminta," jelasnya.

Baca Juga: Begini Rasanya Nonton Film di Dalam Bus Jepang Klasik, Audionya Enggak Kalah Sama Bioskop

Selain itu, Engkos mengatakan, mahalnya jasa karoseri karena material yang digunakan untuk pembuatan bodi bus, cargo atau bak yang berbeda-beda kelasnya.

"Untuk pembuatan bodi bus serta interiornya di karoseri itu ada kelas-kelasnya mau dibikin bus executive atau ekonomi, belum lagi fitur di interiornya mau pakai elektronik apa saja. Sedangkan kalau truk, pembuatan bak atau cargo itu tergantung ketebalan bahan pelatnya, jadi semua sesuai permintaan," tutupnya.

Nah, buat yang berniat beli truk atau bus, perkirakan dulu ya biaya jasa karoserinya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa