Pemula Mau Main Motorhome Ternyata Mobil Daihatsu Ini Paling Cocok

Ivan Casagrande Momot - Jumat, 24 Juli 2020 | 14:52 WIB
kabin Hiace ala Motor Home dibuat begitu nyaman
Ivan Casagrande Momot
kabin Hiace ala Motor Home dibuat begitu nyaman

GridOto.com - Bagi pemula yang mau terjun ke dunia motorhome atau campervan, ternyata ada beberapa pilihan mobil menarik bisa jadi pilihan. Salah satunya ternyata MPV Daihatsu.

Tapi sebelum lebih jauh, kita kasih gambaran dulu soal beda motorhome dan campervan.

"Kalau di luar negeri memang ada semacam pemisahan antara campervan, motorhome dan RV (recreation vehicle) berdasarkan dimensinya. Tapi sayapun tidak menemukan garisan jelas antara ketiganya," buka Bari Setiadi sekalu designer motorome dari Baze Luxury Bus dan member komunitas IXCE.

Toyota Hiace Motorhome, camping dimana aja jadi!
Rizki/GridOto
Toyota Hiace Motorhome, camping dimana aja jadi!
"Sebetulnya prinsip ketiganya sama saja, tapi di luar negeri campervan itu relatif berdimensi kecil untuk 2-3 orang, motorhome itu medium bisa 4-6 orang baru RV yang menggunakan bus bisa lebih dari 6 orang," tambahnya.

Meski begitu yang perlu digaris bawahi saat membangun motorhome dan campervan ialah bagaimana memanfaatkan ruang kabin jadi lebih maksimal.

"Trik-trik (membangun) motorhome itu yang menarik ialah kita harus membuat mobil itu multifungsi agar bisa nyaman saat dipakai berkendara atau driving mode, berkegiatan di dalam mobil atau living mode, dan di malam hari saat tidur atau sleeping mode," urai Bari.

Lantas bagaimana dengan pemula yang mau terjun main motorhome?

Ilustrasi Daihatsu Gran Max untuk jadi motorhome
Ilustrasi Daihatsu Gran Max untuk jadi motorhome
"Kalau bicara yang paling ekonomis, kelasnya Daihatsu Gran Max dan Suzuki APV itu secara dimensi cukup ideal menjadi motorhome. Karena secara desain dia kan mengotak dan ruangan dalam relatif lebih luas sehingga kita bisa bermain lebih banyak dan mengeksplor motorhome di kelasnya Gran Max dan APV tadi." urai Bari.

Untuk gambaran saja harga Daihatsu Gran Max bekas tipe 1.3 D keluaran 2013 saat ini dijual Rp 73 Jutaan. Atau yang lebih muda Gran Max 1.3 D 2016 ada yang jual Rp 79 Jutaan sesuai dengan kondisi masing-masing.

Ilustrasi Suzuki APV jadi motorhome
Suzuki.co.id
Ilustrasi Suzuki APV jadi motorhome
Sementara Suzuki APV bekas tipe GL Arena M/T keluaran 2014 saat ini dijual seharga Rp 88 Jutaan. Atau kalau mau yang lebih muda ada tipe GX Arena 2016 yang masih cukup tinggi di harga Rp 118 Jutaan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa