Bahan Bakar Lama Mengendap di Tangki Mobil, Apakah Bisa Basi?

Radityo Herdianto - Kamis, 30 Juli 2020 | 12:00 WIB
Ilustrasi pengecekan BBM di SPBU
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi pengecekan BBM di SPBU

GridOto.com - Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai ketika mobil lama ditinggal atau jarang dipakai adalah bahan bakar yang tersimpan lama di dalam tangki bahan bakar.

Tidak sedikit yang menganggap bahwa bahan bakar yang terlalu lama disimpan di dalam tangki mobil menjadi basi sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Apakah mitos atau fakta bahwa bahan bakar yang lama mengendap di dalam tangki mobil bisa menjadi basi?

"Cairan bahan bakar itu sendiri pada dasarnya tidak bisa basi, dan istilah basi ini sebenarnya merupakan mispersepsi," ungkap Reza Sukaraharja, Head of Affiliation Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas), Kebayoran Lama kepada GridOto.com.

Menurut Reza, unsur molekul kimia yang terkandung di dalam bahan bakar bersifat konsisten, tidak akan mengalami perubahan struktur selama disimpan di area vakum atau kedap udara.

Ilustrasi menguras tangki bahan bakar
Dok. Otomotif
Ilustrasi menguras tangki bahan bakar

"Yang menjadi masalah adalah konstruksi tangki bahan bakar mobil merupakan tempat penyimpanan yang tidak kedap udara," sebut Reza.

Udara dari luar tetap bisa masuk ke dalam tangki dan tercampur dengan bahan bakar, dimana dalam jangka panjang akan memicu reaksi antara udara dengan bahan bakar.

Reaksi ini menyebabkan terjadinya proses oksidasi yang merusak kandungan unsur molekul kimia sehingga menurunkan kualitas bahan bakar.

"Inilah yang biasa dikenal dengan istilah basi, meskipun bahan bakar memang tidak akan basi tetapi bisa mengalami penurunan kualitas," maksud Reza.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa