Viral di Medsos Video Mobil Dinas Wakil Presiden RI Diisi BBM dari Jeriken, Ini Fakta Sebenarnya

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 11 Juli 2020 | 21:05 WIB
(Ilustrasi) Mobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019)
Kompas.com
(Ilustrasi) Mobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019)

GridOto.com - Sedang viral di media sosial WhatsApp video sedan Mercedes-Benz hitam berpelat nomor 'Indonesia 2' diisi BBM dari jeriken.

Dalam video berdurasi 17 detik tersebut terlihat beberapa orang mengenakan baju batik mengisi bahan bakar kendaraan yang dinas yang diduga milik Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin.

Mereka mengisi bahan bakar sedan tersebut dengan mengalirkan BBM dari jeriken menggunakan slang.

Terlihat juga beberapa orang mengabadikan momen langka tersebut dengan ponselnya.

Baca Juga: Gantikan Warisan Era SBY, Ini Dia Mobil Kepresidenan Baru Presiden Jokowi

Melansir dari Kompas.com, Kepala Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Mohamad Oemar memberikan klarifikasi, atas beredarnya video mobil VVIP berpelat nomor RI 2 yang sedang mengisi bensin dari jeriken di pinggir jalan tersebut.

Menurut Oemar, rekaman peristiwa itu terjadi saat rombongan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat pada 8 Juli 2020.

"Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM-nya berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi rombongan Wakil Presiden," ujar Oemar, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/7/2020).

Dia melanjutkan, dalam setiap rangkaian VVIP rombongan Wakil Presiden, selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

Baca Juga: Mobil Dinas Presiden Jokowi Mogok Lagi di Kalimantan, Mesin Mati saat Mundur

Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat.

Dengan demikian BBM cadangan yang telah disiapkan itu pun kemudian digunakan, BBM itu diisi dengan menggunakan jeriken di pinggir jalan.

"Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP. Bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM," ujar Oemar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Video Mobil Wapres Diisi Bensin Pakai Jeriken Viral, Ini Penjelasan Setwapres

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi
Sumber : Kompas.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa