Mengenal Kyoko Shimada, Wanita Pertama yang Menjadi Desainer Mobil di Jepang

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 8 Juli 2020 | 15:35 WIB
Kyoko Shimada sering mengunjungi fasilitas produksi Nissan yang ada di luar negeri, terutama di Eropa dan Amerika Utara.
usa.nissannews.com
Kyoko Shimada sering mengunjungi fasilitas produksi Nissan yang ada di luar negeri, terutama di Eropa dan Amerika Utara.

GridOto.com - Ketika industri otomotif Jepang sangat didominasi oleh pria, Nissan secara mengejutkan membuat suatu gebrakan baru dengan berani melakukan apa yang tidak dilakukan oleh kompetitornya.

Tepatnya pada 1967, saat itu Nissan melawan status quo dengan merekrut Kyoko Shimada dan menjadikannya sebagai wanita pertama yang menjadi desainer mobil dalam sejarah Jepang.

Bergabungnya Shimada terjadi sebelum Undang-Undang Kesetaraan Kesempatan Kerja untuk Pria dan Wanita mulai berlaku di Jepang.

Pada masa itu, partisipasi aktif wanita dalam dunia kerja dan masyarakat bukanlah sesuatu yang lazim.

Baca Juga: Harga Nissan Grand Livina Bekas Semakin Menggoda, Modal Rp 60 Juta Sudah Bisa Bawa Pulang! 

"Tidak ada satu pun desainer wanita di industri otomotif Jepang pada waktu itu, tetapi Nissan lebih dulu menyadari perlunya memahami sudut pandang wanita dalam mendesain mobil dibanding perusahaan mobil lainnya," kenang Shimada dalam siaran resmi yang dikirimkan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Rabu (8/7/2020).

"Karena Nissan tahu, bahwa nantinya setiap rumah tangga akan memiliki mobil," sambungnya.

Shimada bergabung dengan tim yang terdiri dari sekitar 50 desainer pria, setelah menyelesaikan studi di bidang arsitektur di Japan Women’s University.

Tanpa latar belakang otomotif, tidak lantas membuat Shimada patah arang untuk terus berkarya dan menyalurkan ide yang dimilikinya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa