Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masih Banyak Pelanggar, Segini Rincian Kendaraan yang Dibikin Putar Balik di PSBB Bandung Barat Dalam Seminggu

Laili Rizqiani - Minggu, 17 Mei 2020 | 21:02 WIB
Petugas dari Dishub Kabupaten Bandung Barat dan pihak kepolisian melakukan pengecekan kendaraan yang hendak masuk ke wilayah KBB.
TribunJabar.id
Petugas dari Dishub Kabupaten Bandung Barat dan pihak kepolisian melakukan pengecekan kendaraan yang hendak masuk ke wilayah KBB.

GridOto.com - Selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua di wilayah Kabupaten Bandung Barat, ribuan pemotor dan ratusan pengendara mobil disanksi putar balik karena melanggar aturan.

Dikutip dari TribunJabar.id, berdasarkan data Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat tercatat sejak 6 hingga 14 Mei 2020 tercatat ada 1008 pengendara motor dan 192 mobil diharuskan untuk putar arah.

Angka tersebut merupakan hasil rekapitulasi dari tiga check point yakni Padalarang, Lembang dan Cipatat.

Di check point Padalarang ada 160 motor dan 18 mobil, di wilayah Lembang 470 motor dan 109 mobil, dan di Cipatat terdapat 108 motor 65 mobil yang yang diputarbalikkan oleh petugas Dishub dan aparat kepolisian.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Izinkan Moda Transportasi Beroperasi Lagi, Daerah Ini Pilih Hentikan PSBB

"Pengendara yang diputar balikan yang masuk dari perbatasan seperti di Cipatat perbatasan Cianjur dan di Lembang perbatasan Subang," ujar Kepala Dinas Perhubungan KBB, Ade Komarudin saat dihubungi, Minggu (17/5/2020).

Ia mengatakan, pengendara diputarbalikkan karena saat diperiksa petugas mereka tidak memiliki alasan yang jelas bahkan ada yang terindikasi akan mudik.

"Ada pengendara hanya main saja, dan ada juga pengendara yang akan mudik, padahal KTP-nya dari luar daerah. Makanya kami putar balikan," katanya.

Karena hal tersebut, pihak Dishub mengetatkan penjagaan di check point perbatasan  seperti Cipatat dan Lembang dengan menurunkan 16 personel dari setiap instansi termasuk aparat kepolisian dan TNI.

Baca Juga: Hendak Cari Keberuntungan di Malam Hari, Pemudik Diadang Petugas di Check Point Limangan, Garut

"Mereka kami berikan imbauan dan pengertian sebaik-baiknya. Alhamdulillah mereka memahami dan langsung putar balik ke tempat tujuannya," ucap Ade.

Ade mengatakan, untuk di check point yang ada di wilayah perbatasan, pihaknya menyiagakan petugas selama 24 jam dengan sistem shift.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Ribuan Pemotor dan Ratusan Pengendara Mobil di KBB Diminta Putar Balik Selama PSBB,

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa