Test Ride Lengkap Yamaha XSR 155, Buat Yang Suka Motor Retro Dengan Teknologi Modern

Harry - Senin, 30 Maret 2020 | 09:15 WIB
Yamaha XSR 155
Okky/Gridoto.com
Yamaha XSR 155

GridOto.com - Pasar motor sport dengan tampilan retro semakin meriah berkat hadirnya Yamaha XSR 155, yang dikenalkan sejak akhir tahun 2019 lalu.

Sebelumnya segmen ini hanya diisi oleh Kawasaki W175 yang kini ketambahan varian TR, dengan desain ala motor scrambler.

Tapi Yamaha menawarkan sesuatu yang berbeda, Yamaha XSR 155 bisa dibilang motor retro modern, dengan kelengkapan yang juga modern.

(Baca Juga: Jangan Iri, Ini Dia 10 Pemilik Yamaha XSR 155 di Bali, Langsung Bikin Klub!)

Karena basis motor ini adalah Yamaha MT-15, motor naked bike 150 cc yang memang punya fitur dan kelengkapan paling canggih saat ini.

Nah, banderolnya sendiri diangka Rp 36,5 juta (on the road Jakarta), lebih mahal dari Kawasaki W175 yang dijual Rp 29,9 sampai Rp 33,8 juta.

Desain
Gaya desain diturunkan dari Yamaha XSR 700 dan XSR 900, namun pada XSR 155 ini punya dimensi yang paling kecil menyesuaikan kapasitas mesin.

Yamaha XSR 155
Harry/Gridoto.com
Yamaha XSR 155


Tampilan retro modern kental terlihat pada sosok XSR 155 ini. Yup, motor dengan tampilan retro, tapi punya teknologi yang sudah modern.

Aksen serba bulat yang jadi ciri khas motor retro, terdapat dibanyak bagian, misal lampu depan tapi sudah LED dengan dilengkapi DRL juga.

Kemudian tangki dengan lekukan halus ala tangki tear drop, yang ternyata hanya cover plastik yang membungkus tangki asli.

(Baca Juga: Bukan Impor dari Thailand, Yamaha All New XSR 155 Ternyata Produksi Lokal)

Panel bodi samping juga memberi kesan modern dengan logo XSR dan panel plat warna perak yang punya 3 buah lubang bulat.

Jok rata, panjang dan tipis dengan garis-garis ala roti tawar juga jadi ciri khas sebuah motor yang punya tampilan retro.

Jok Yamaha XSR 155
Harry/Gridoto.com
Jok Yamaha XSR 155


Sasis deltabox yang sangat terlihat kembali memberi kesan XSR 155 adalah motor modern, belum lagi tampilan mesin dengan radiatornya.

Maklum, basis XSR 155 ini mencomot dari Yamaha MT-15 yang dibedakan pada bagian sub frame, agar buritan bisa lebih rata.

Makanya bagian kaki-kaki seperti kedua suspensi dan pelek, pakai jenis dan model yang sama dengan naked bike termahal Yamaha itu.

(Baca Juga: Hitung Biaya Servis Yamaha XSR 155 Tahun Pertama, Berapa Totalnya?)

Fitur & Teknologi
Konsep retro modern yang diterapkan Yamaha, selain dari tampilan juga bisa dilihat dari kelengkapan motor itu sendiri.

Lampu depan dan belakang sudah LED, dengan bentuk bulat. Kemudian panel instrumen bulat yang enggak terlalu besar, tapi sudah digital.

Spidometer Yamaha XSR 155
Harry/Gridoto.com
Spidometer Yamaha XSR 155


Panel instrumen dengan nyala negatif display ini juga punya informasi lengkap, dengan 2 buah tombol untuk mengganti-ganti informasi yang ditampilkan.

Isinya ada spidometer, takometer, posisi gigi, odometer, tripmeter, average speed, average fuel, fuel trip, indikator VVA dan fuel meter.

Tingat kecerahan layar panel instrumen juga bisa diatur-atur sesuai kondisi cahaya yang ada, dengan 3 tingkat kecerahan. Canggihkan?

(Baca Juga: Gantikan Sepatbor Belakang, Nih Cara Pasang Mud Guard Yamaha XSR 155)

Kemudian area kaki-kaki, jika motor retro biasanya pakai pelek jari-jari, maka XSR 155 sudah pakai pelek casting wheel yang kental unsur modern.

Pelek ini dibungkus ban IRC Trail Winner dengan pola tapak dual purpose berukuran 110/70-17 dan 140/70-17.

Ban Yamaha XSR 155
Harry/Gridoto.com
Ban Yamaha XSR 155


Sebagai penopang roda, area depan pakai suspensi upside down yang dilabur kelir hitam. Pengereman sudah cakram 2 piston.

Sedangkan roda belakang ditopang lengan ayun alumunium yang kekar, dipadukan rem cakram piston tunggal.

Riding Position & Handling
Karena pakai basis dari Yamaha MT15, posisi berkendara dari XSR 155 ini terasa sporty. Posisi badan membungkuk dan pijakan kaki tinggi dan mundur.

Membungkuknya badan karena posisi setang XSR 155 enggak terlalu tinggi tapi lebar, sehingga membuat tangan harus membuka saat memegang setang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa