Girls, Jangan Cuek! Ini Akibatnya Kalau Malas Cek Oli Mesin Motor

Laili Rizqiani - Sabtu, 29 Februari 2020 | 07:31 WIB
Ilustrasi mengisi oli mesin
ryan/gridoto.com
Ilustrasi mengisi oli mesin

GridOto.com - Buat kaum hawa yang sering bepergian sendiri menggunakan sepeda motor, tentu harus memperhatikan kendaraan yang dipakai.

Melakukan perawatan kendaraan secara rutin tentu sangat diperlukan untuk menjaga kondisi kendaraan agar tetap nyaman saat digunakan.

salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah oli yang berfungsi sebagai pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan.

Jangan sampai karena kita ketidaktahuan dan kurang memperhatikan kondisi kendaraan, kita jadi kesusahan saat sedang berada di jalan.

(Baca Juga: Ini Patokan Mengganti Oli Mesin yang Dipakai di Wilayah Perkotaan)

Oli memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu untuk melumasi sejumlah komponen pendukung lainnya pada sepeda motor sehingga mencegah terjadinya benturan antarlogam.

Oli juga mempunyai berfungsi untuk mencegah terjadinya goresan dan keausan pada mesin.

Maka dari itu, kondisi oli harus diperhatikan, salah satunya dengan melakukan penggantian secara rutin.

Ilustrasi ganti oli motor matic.
Dok. Motor Plus
Ilustrasi ganti oli motor matic.

Dilansir GridOto.com dari otomotif.kompas.com, Kepala Mekanik AHASS Honda Cahaya Sakti Motor, Sragen, Jawa Tengah (Jateng) Joko Purnomo mengatakan, motor yang kehabisan oli bisa merusakan bagian dalam mesin.

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : otomotif.kompas.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa