Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

f1

Rival Curiga Mobil Baru Tim Racing Point Kloningan Tim Mercedes

Rezki Alif Pambudi - Kamis, 20 Februari 2020 | 13:06 WIB
Mobil RP20 pada hari pertama tes Barcelona (19/2/2020)
Racing Point
Mobil RP20 pada hari pertama tes Barcelona (19/2/2020)

GridOto.com - Mobil baru tim Racing Point RP20 banyak diduga beberapa pihak sebagai kloningan mobil pemenang tim Mercedes tahun lalu, W10.

Salah satunya yang terlihat pada hari pertama tes pramusim Barcelona (19/2/2020) adalah desain moncong RP20 yang disebut menjiplak mobil Mercedes.

Valtteri Bottas dengan mobil Mercedes W10 di GP F1 China 2019
mercedesamgf1.com
Valtteri Bottas dengan mobil Mercedes W10 di GP F1 China 2019

Yang unik, bagian moncong yang ditampilkan Racing Point sangat berbeda dibanding pada saat peluncuran tim beberapa waktu lalu.

Jadi hal ini cukup mengagetkan banyak pihak.

(Baca Juga: Lebih Cepat, Mobil F1 2020 Akan Kalahkan Semua Rekor Sebelumnya?)

Direktur teknis Racing Point, Andy Green, mengaku mobil baru RP20 ini dibangun dari awal dengan belajar dari mobil tahun lalu, dan juga adaptasi dari beberapa kompetitor.

Hanya saja, Mercedes kan pemasok mesin Racing Point, makanya banyak yang curiga Mercedes memang sengaja 'membantu' Racing Point soal ini.

"Untuk 2020, kami mendesain mobil dari nol, mulai dari kertas kosong, itu menarik, karena tim belum pernah melakukan hal seperti ini sejak waktu yang lama," kata Andy Green, dilansir GridOto.com dari F1i.com.

"Kami memakai semua yang kami pelajari tahun lalu, menkombinasikan dengan yang kami adaptasi dari kompetitor, dan kami menyatukannya dengan kemampuan terbaik kami dengan optimis sesuai regulasi yang sekarang," jelasnya.

Andy Green mengaku, mobil RP20 hampir semua dibuat oleh mekanik tim Racing Point sendiri, kecuali beberapa bagian yang memang didatangkan sesuai regulasi yang berlaku, misalnya mesin, transmisi, hidraulis, elemen suspensi, dan lainnya.

"Suspensi depan dan belakang dan juga transmisi memang dari mobil Mercedes 2019," lanjutnya.

Sebelum ini, tim Racing Point juga pernah mendapat tuduhan serupa. Begitu juga tim-tim lain misalnya Haas yang diduga kloningannya Ferrari, dan banyak lainnya.

Tim Racing Point sendiri tampil cukup bagus di hari pertama tes, di mana Sergio Perez berada di posisi ke-3 di belakang duo Mercedes.

Editor : Fendi
Sumber : f1i.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa