Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ASEAN Car, Proyek Mobil Antar Negara di Asia Tenggara. IOI Tidak Terlibat

Gayuh Satriyo Wibowo - Rabu, 2 Oktober 2019 | 09:50 WIB
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad (kiri) bersama Presiden RI Joko Widodo
Kompas
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad (kiri) bersama Presiden RI Joko Widodo

GridOto.com - Dalam proyek pengerjaan ASEAN Car yang digagas beberapa waktu lalu, Institut Otomotif Indonesia (IOI) mengaku tidak ikut andil.

Padahal Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad saat menemui Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor pada Juni lalu datang untuk mendiskusikan dan mengajak Indonesia untuk bekerjasama dalam program ASEAN Car.

Presiden IOI I Made Dana Tangkas melalui keterangan secara tertulis yang dilansir dari Kompas.com mengaku walau Indonesia diajak dalam ASEAN Car namun program tersebut tak melibatkan pihaknya.

"Tapi dalam hal ASEAN Car, IOI tidak terlibat. Termasuk di dalam pembuatan konsep desain, maupun keputusan antar negaranya karena ini domainnya pemerintah,” ujarnya di Jakarta, Selasa (1/10).

Presiden Jokowi disopiri PM Malaysia Mahathir Mohamad naik Proton
Instagram.com/jokowi
Presiden Jokowi disopiri PM Malaysia Mahathir Mohamad naik Proton

(Baca Juga: Jokowi Disopiri PM Malaysia Mahathir Mohamad Naik Proton, Kenang Pernah Dibawa Ngebut 180 Km/Jam!)

ASEAN Car sendiri merupakan proyek yang dicetuskan oleh Mahathir dimana mengajak negara-negara Asia Tenggara untuk membuat mobil lokal bersama-sama.

Meski demikian, IOI mengaku tetap menjalin kerjasama baik dengan Malaysia Automotive, Robotics, and Internet of Things (MARii) yang merupakan agensi pusat pengembangan otomotif negeri Jiran, Malaysia.

Kerjasama yang mereka lakukan meliputi pengembangan sumber daya manusia industri otomotif di ASEAN, industri kecil dan menengah, pengembangan standar dan peraturan mengenai produk serta komponen otomotif, dan kerja sama penelitian dalam pengembangan Peta Jalan industri otomotif.

Hal tersebut sesuai dengan perjanjian kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara IOI dan MARii.

Perlu diketahui IOI merupakan salah satu organisasi independent dan non profit yang bergerak dalam bidang pengembangan industri otomotif di Indonesia dan regional ASEAN serta global.

Artikel ini melansir dari Kompas.com dengan judul "Institut Otomotif Indonesia Tidak Terlibat dalam Pembuatan Mobil ASEAN"

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa