Jadi Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda Rampung Bulan Depan

Latifa Alfira Ulya - Minggu, 29 September 2019 | 16:31 WIB
Tol Balikpapan-Samarinda
Jasa Marga
Tol Balikpapan-Samarinda

GridOto.com - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Tol Balikpapan-Samarinda rampung bulan depan.

Melansir dari Tribunnews.com, Tol Balikpapan-Samarinda ini bakal menjadi jalan tol pertama di Kalimantan sekaligus jalan tol pertama di ibu kota baru.

Kepala Biro Komunikasi Kementrian PUPR, Endra S Atmawidjaja mengatakan bahwa pembangunan jalan tol ini masih di tahap penyelesaian.

Sementara ini, progres tol sepanjang 99,34 kilometer ini hingga awal September sudah mencapai 97 persen.

(Baca Juga: Menilik Akses Transportasi Calon Ibu Kota Negara Baru, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda!)

"Tol ini akan mendukung konektivitas untuk pembangunan ibu kota baru, yakni melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara," ujarnya, Sabtu (28/9/2019).

Jalan tol yang memiliki nilai investasi sebesar Rp 9,9 triliun itu diharapkan dapat menjadi sarana dasar pengembangan ibu kota baru.

"Dibangunnya jalan tol akan menciptakan kawasan perekonomian baru di Pulau Kalimantan yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) STH, Saragi optimis bisa penuhi target jumlah kendaraan yang melintasi jalan tol ini per harinya.

(Baca Juga: Sambut Perpindahan Ibu Kota Baru, Tol Balikpapan-Samarinda Akan Bisa Beroperasi)

"Saat ini kami menargetkan sekitar 10.000 kendaraan dapat melewati jalan tol ini setiap harinya," ujar Saragi beberapa waktu yang lalu.

Ia percaya angka tersebut dapat tercapai bahkan bisa lebih dari itu.

Hal ini karena Samboja sebagai daerah yang dilewati Tol Balikpapan-Samarinda sudah resmi menjadi bagian dari wilayah ibu kota baru.

Nantinya, Tol Balikpapan-Samarinda ini mampu memangkas waktu perjalanan non-jalan tol yang sebelumnya mencapai tiga hingga empat jam menjadi hanya satu jam.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi
Sumber : GridOto.com,Tribunnews.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa