Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bantu Penanggulangan Bencana, Suzuki Club Reaksi Cepat Diresmikan

Wisnu Andebar - Sabtu, 28 September 2019 | 15:59 WIB
Simulasi Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) dan BASARNAS dalam menangani kecelakaan.
Wisnu/GridOto.com
Simulasi Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) dan BASARNAS dalam menangani kecelakaan.

GridOto.com - PT Suzuki Indomobil Sales menggelar Jambore Suzuki Club di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Jakarta Timur pada Sabtu (28/9/2019).

Dalam acara yang dihadiri oleh 14 komunitas dari berbagai tipe mobil Suzuki ini, PT SIS sekaligus meresmikan Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC).

SCRC didirikan bertujuan untuk membantu penanggulangan bencana dan kecelakaan dalam memberikan tindakan cepat serta pertolongan pertama pada korban.

Anggotanya, terdiri dari member 14 komunitas resmi Suzuki tersebut yang sudah terlatih, bekerja sama dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

(Baca Juga: Ada 9 Pilihan Warna Baru, Inilah Tampilan Gress Suzuki Nex II)

Sejak didirikan pada 10 Agustus 2018, SCRC terlibat dalam penanggulangan bencana gempa Lombok.

Saat itu, Suzuki Jip lndonesia (SJI) bekerja sama dengan Indonesia Off-road Federation (IOF) dan Satuan Petugas membutuhkan armada tambahan untuk mengirimkan bantuan logistik ke daerah yang terdampak bencana alam.

Kemudian Karimun Club Indonesia (KCI) turun tangan dan terjadi sinergi antarklub yang berdampak positif, setelah itu baru diikuti oleh komunitas resmi Suzuki lainnya

Hingga saat ini SCRC telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan dalam skala nasional seperti gempa Lombok dan tsunami Palu.

Mulai mendistribusikan logistik, membangun pipa air bersih, pengobatan luka, membantu ibu melahirkan, dan pembangunan hunian sementara pada daerah-daerah terdampak bencana yang sulit dijangkau.

Selain diresmikan oleh PT SIS, SCRC juga telah terdaftar di institusi pemerintah, yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BASARNAS.

Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) diresmikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Wisnu/GridOto.com
Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) diresmikan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

“Diresmikannya Suzuki Club Reaksi Cepat ini, kami harap seluruh komunitas resmi Suzuki dapat turut mengambil bagian dalam gerakan kemanusiaan untuk seluruh saudara-saudari kita yang membutuhkan bantuan," ujar R. Keliek Pangestu selaku Ketua Umum SCRC di Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

(Baca Juga: Ajang Kumpul Terakbar Komunitas Suzuki Siap Digelar, Ada Komunitas Baru yang Siap Diperkenalkan!)

SCRC memiliki kantor sekretariat pusat di Jakarta dengan sekretariat daerah yang berlokasi di Bekasi, Semarang, Lampung, Kalimantan, Bali, dan Lombok.

SCRC juga menerima relawan umum yang tertarik akan program dan kegiatan SCRC.

Jika ada yang tertarik untuk gabung, pengurus organisasi akan melakukan seleksi terlebih dahulu.

Sebanyak 14 komunitas resmi Suzuki yang tergabung dalam SCRC di antaranya adalah Suzuki Jip Indonesia (SJI), Ertiga Club Indonesia (ERCI), Ertiga Mania Indonesia (ERMAN), SX4 Club Indonesia (SXCI).

Swift Club Indonesia (SCI), Indonesian Grand Vitara (IDGV), Karimun Club Indonesia, Suzuki Splash Club Indonesia (SSCI), Baleno Club Indonesia (BCI), Indonesia APV Club.

Kemudian Aerio Indonesia Club (AIC), Suzuki Esteem Club Indonesia (SECI), IGNITY, dan Suzuki Carry Indonesia (SSCI).

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa