Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tahu Tidak? Dulu Ada Moge Bi-Autogo, Ternyata Begini Spesifikasinya

Dia Saputra - Senin, 23 September 2019 | 16:05 WIB
Bi-Autogo hasil penemuan dari James Scripps-Booth.
myvintage.co.nz
Bi-Autogo hasil penemuan dari James Scripps-Booth.

GridOto.com - Mungkin kalian akan mengira gambar di atas adalah sebuah mobil jika dilihat dari bentuk bodinya, namun gambar tersebut adalah gambar dari motor gede (moge) Bi-Autogo hasil penemuan dari James Scripps Booth.

James Scripps Booth adalah seorang perancang yang berasal dari Detroit (Detroit adalah sebuah kota di negara bagian Amerika Serikat Michigan) yang mencoba membangun mobil sport.

Tetapi hasil rancangannya tersebut diubah menjadi motor yang memiliki bodi seperti mobil.

Bi-Autogo dibekali mesin V8 dengan kapasitas mesin 6.300 cc, dan pastinya dengan mesin tersebut akan membuat moge ini menjadi berat.

(Baca Juga: Mau Pasang Knalpot Seken Moge di Yamaha XMAX, Wajib Lakukan Ini)

Namun hal tersebut sudah dipikirkan oleh James Scripps Booth, dan membekali roda kecil satu pasang yang diletakan di sisi kanan dan kiri bodi Bi-Autogo.

Roda kecil yang akan membantu menahan keseimbangan berat Bi-Autogo dan akan secara otomatis terangkat jika Bi-Autogo dipacu dengan kecepatan 40,2 km/h.

Motor tersebut pertama dibuat adalah pada tahun 1913, dan diproduksi secara massal pada tahun berikutnya (berarti moge tersebut mulai diproduksi masal pada tahun 1914).

Tetapi sayangnya pada saat itu kondisi jalan di Detroit masih tanah dan berlumpur, jadi moge tersebut tidak bisa memacu lajunya secara maksimal.

(Baca Juga: Bikin Penumpang Ogah Turun, Driver Ojol Narik Pakai Moge Roda Tiga Can Am Spyder)

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Rideapart.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa