Pasang Cakram Yamaha Exciter di Motor Matic, Begini Langkahnya

Muhammad Farhan - Senin, 9 September 2019 | 13:15 WIB
Piringan cakram bebek Exciter terpasang di Yamaha Mio
instagram
Piringan cakram bebek Exciter terpasang di Yamaha Mio

GridOto.com – Berminat pasang piringan atau cakram bawaan Yamaha Exciter di motor matic lokal? Begini langkah serta alat yang diperlukan.

Untuk meningkatkan performa rem depan, cara paling populer adalah dengan mengganti piringan cakram yang lebih lebar dari standarnya.

Buat yang ingin model semi floating tapi nggak terlalu lebar, pilihannya bisa pakai piringan cakram motor bebek pasar Vietnam tersebut.

“Karena aslinya memang buat bebek, ukurannya setara motor bebek lokal yaitu 220 mm atau sedikit lebih lebar dari bawaan matic yang ukurannya 190-220 mm,” jelas Radiet Indra, pemilik 17RDT Speedshop, Cakung, Jakarta Timur.

(Baca Juga: Rasio Kompresi Mesin Bisa Disesuaikan dari Piston! Begini Caranya)

Supaya bisa terpasang, kalian perlu custom bracket kaliper yang dimensinya sesuai dengan lebar piringan cakram di bengkel bubut.

Kalau sudah siap, berikut ini proses pemasangan piringan cakram Yamaha Exciter di motor matic Honda Vario.

Ilustrasi bracket kaliper cakram
bukalapak
Ilustrasi bracket kaliper cakram

“Prosesnya perlu melepas pelek depan dan kaliper rem dari sok depan untuk mengakses bracket kaliper dan piringan cakram,” lengkapnya.

Untuk melepas pelek depan, siapkan kunci ring 14 dan 19 serta kunci L bintang 4 dan kunci T 12 untuk melepas kaliper rem dan bracketnya.

(Baca Juga: Bensin Oktan Tinggi Lebih Mudah Dibakar? Kalian Salah Besar!)

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X