Balapan Internasional Jarang Datang ke Indonesia, Ini Penyebabnya!

Muhammad Rizqi Pradana - Sabtu, 24 Agustus 2019 | 10:00 WIB
Kalau rampung, sobat akan bisa melihat langsung FE di Jakarta tahun depan.
Kalau rampung, sobat akan bisa melihat langsung FE di Jakarta tahun depan.

GridOto.com - Beberapa tahun ke depan, akan ada empat event motorsport bertaraf internasional yang direncanakan akan menyambangi Indonesia.

Diantaranya MotoGP di Mandalika tahun 2021, MXGP di Semarang dan satu tempat lagi di tahun 2020, serta balapan Formula E (FE) di Jakarta yang katanya juga akan dilaksanakan tahun 2020.

Ini tentu membawa kebanggaan, tapi sulit untuk lari dari fakta bahwa Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain di Asia Tenggara dalam menyelenggarakan balapan internasional kelas atas.

Vietnam akan mendatangkan F1 tahun depan, Thailand sudah menggelar MotoGP sejak 2018, Singapura telah 11 tahun menjadi tuan rumah F1, dan Malaysia sudah menggelar F1, FE serta MotoGP.

(Baca Juga: Digarap Sesuai Standarisasi FIM, Sirkuit Mandalika Target Bisa Uji Kelayakan Akhir 2020)

Penonton memadati tribun utama sirkuit Chang untuk menyaksikan gelaran MotoGP Thailand yang pertama
nationmultimedia.com
Penonton memadati tribun utama sirkuit Chang untuk menyaksikan gelaran MotoGP Thailand yang pertama

GridOto.com sempat berbincang dengan Irawan Sucahyono, selaku Desainer Sirkuit Non-permanen dan Penasehat Sirkuit Sentul, beberapa waktu lalu.

Dalam perbincangan itu, ia membeberkan kenapa Indonesia masih tertinggal dalam hal penyelenggaraan event motorsport, bahkan olahraga bertaraf internasional lainnya.

“Semua negara menganggap bahwa event motorsport itu adalah tourism sport. Indonesia masih menganggap sport itu ya sport, itu yang menghambat olahraga dunia itu masuk ke Indonesia,” ujarnya kepada GridOto.com di bilangan Jakarta Barat.

“Mindset kita itu ‘sport apa benefitnya, orang kita gak balapan kok,’. Tapi sebenarnya ini adalah tourism sport, (yaitu) tourism memakai item sport,” imbuh pria yang sudah lama malang-melintang di dunia balap Indonesia itu.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X