Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Parkir Online di Sidoarjo, Bayar Parkir Lebih Canggih Lewat Aplikasi Tanpa Pakai Karcis

Latifa Alfira Ulya - Jumat, 21 Juni 2019 | 16:35 WIB
Jalan Gajahmada, salah satu lokasi yang bakal menjadi pilot projek penerapan sistem parkir baru di Sidoarjo
Jalan Gajahmada, salah satu lokasi yang bakal menjadi pilot projek penerapan sistem parkir baru di Sidoarjo

GridOto.com - Pengelolaan parkir menggunakan sistem online di Sidoarjo masih terus digodok dan akan bekerjasama dengan pihak ketiga.

Melansir dari Surya.co.id, poin tersebut merupakan sebagian materi yang dibahas dalam pertemuan antara Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Kepala Dishub Sidoarjo Bahrul Amig, tim dari ITS, dan sejumlah pejabat lain di Pendopo Sidoarjo, Kamis (20/6/2019).

"Masih terus dimatangkan konsepnya. Yang jelas, kami upayakan tidak ada pembayaran tunai, memanfaatkan teknologi, dan tetap mengutamakan pelayanan," kata Bupati Saiful Ilah usai pertemuan.

Targetnya, sistem parkir online tersebut bisa cepat selesai dan dapat diterapkan bersamaan dengan selesainya proses revisi Perda Parkir yang saat ini juga sedang digarap di DPRD Sidoarjo.

"Akan ada sejumlah perubahan dalam sistem perparkiran. Tapi perubahan itu tidak ekstrem, tetap akan memberdayakan juru parkir untuk memberi layanan di lapangan," sambungnya.

(Baca Juga: Bikin Geleng-geleng Kepala, Tarif Parkir Universitas Pelita Harapan Disebut Termahal se-Indonesia)

Ada pula istilah SPON (Sistem Parkir Online) pada pertemuan tersebut.

Rencananya seperti pola ojek online, warga cukup membayar parkir lewat aplikasi tanpa menggunakan karcis karena bisa menggunakan barcode dan pembayarannya juga non tunai.

Nantinya petugas parkir tetap ada di lokasi membawa alat kemudian warga yang parkir cukup melakukan scan barcode ke alat yang dibawa oleh jukir.

"Kita sedang berupaya menggeser sistem perparkiran dengan paradigma baru. Memanfaatkan teknologi, memberdayakan jukir dengan memberikan gaji yang layak, dan outputnya tetap pelayanan maksimal," ujar Bahrul Amiq.

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Surya.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa