Jangan Asal Ngerem, Ini Posisi Kaki yang Benar di Pedal Mobil

Radityo Herdianto - Selasa, 11 Juni 2019 | 10:00 WIB
Cukup pedal set AMG di interior
Cukup pedal set AMG di interior

GridOto.com-Bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan pulang dari mudik, tetap jaga konsentrasi dan kewaspadaan berkendara.

Saat dalam perjalanan pulang mudik, hati-hati dengan fenomena pengereman mendadak yang umumnya terjadi karena konsentrasi mulai hilang.

Untuk itu, Anda perlu ketahui kemampuan dasar posisi kaki di pedal ketika melakukan pengereman dalam perjalanan pulang mudik.

Posisi kaki yang benar adalah tungkai kaki sejajar dengan pedal rem dan menjadi titik tumpu pergerakan kaki antara pedal rem dan pedal gas.

"Jika ingin menekan pedal gas, tinggal miringkan ruas kaki ke pedal gas tanpa memindahkan tungkai kaki dari posisi semula," contoh Adrianto Sugiarto Wiyono, Intruktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) kepada GridOto.com.

Injak pedal rem sekuat mungkin sampai mobil berhenti sambil mengarahkan kendaraan
Advertorial
Injak pedal rem sekuat mungkin sampai mobil berhenti sambil mengarahkan kendaraan

(Baca Juga: Terungkap, Pengaruh Permukaan Jalan Terhadap Jarak Pengereman Mobil)

Pada saat melakukan pengereman Anda tinggal luruskan kembali ruas kaki ke pedal rem.

Tidak diperkenankan memindahkan posisi atau mengangkat tungkai kaki pada setiap menginjak gas dan menginjak rem karena akan memperlambat respon ketika ada pengereman mendadak.

Pada saat menginjak rem, gunakan area jari-jari kaki Anda untuk mempermudah Anda merasakan besaran tekanan rem ketika menginjak pedal rem.

"Anda bisa memperkirakan seberapa besar tekanan rem yang dibutuhkan ketika menginjak pedal rem," jelas Adrianto.

Jangan gunakan area telapak, karena bisa saja Anda tidak merasakan tekanan rem namun ternyata mobil mengerem terlalu mendadak.

Editor : Dwi Wahyu R.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X