Nebeng Melalui Aplikasi Bisa Jadi Opsi Buat Pemudik, Tarif Bisa Sesuai Kesepakatan

Naufal Shafly - Rabu, 15 Mei 2019 | 16:05 WIB
Ilustrasi suasana mudik
kompas.com
Ilustrasi suasana mudik

GridOto.com - Buat kalian yang ingin mudik, selain menggunakan transportasi umum dan pribadi, gak ada salahnya juga untuk mencoba ride sharing, atau yang akrab disebut nebeng.

Sejauh ini, sudah banyak pengembang yang menyediakan jasa ride sharing seperti Nebengers, Nebeng.com, Teman Jalan, Sejalan, dan Ompreng.com.

Secara umum, konsep dari masing-masing aplikasi tidak jauh berbeda, yaitu pengendara A mendaftarkan diri sebagai pemberi tebengan, sedangkan pengendara B mendaftar untuk mencari tebengan.

Sistem dan tarif pembayarannya pun beragam, ada yang sesuai kesepakatan antara pengemudi dan penumpang, ada juga yang menggunakan token koin di aplikasi.

(Baca Juga : Tips Mudik Lebaran, Simak Hal Berikut Bila Mudik dengan Mobil Sedan)

Tapi, secara umum tarif pembayaran ditentukan oleh pemberi tebengan dengan harga yang lebih miring ketimbang menggunakan transportasi umum.

Misalnya saja seperti yang GridOto.com temukan di aplikasi Nebeng.com, ada pemberi tebengan yang bersedia memberi tumpangan dari Jakarta ke Jogja pada tanggal 31 Mei 2019, tarif yang ia patok hanya sebesar Rp 175 ribu.

Aplikasi ride sharing seperti ini bisa dijadikan opsi karena bisa menguntungkan kedua belah pihak, pemberi tebengan, dan penumpang.

Keduanya bisa menghemat biaya perjalanan mudik, bisa mendapat teman baru, bahkan bisa membantu mengurangi angka kemacetan juga lo!

(Baca Juga : Tips Mudik Lebaran, Tambah Kapasitas Bagasi dengan Pasang Roof Box)

Bahkan, menurut Kemas Henry Kurniawan, Direktur Astra Digital selaku pengembang aplikasi Sejalan, sejak aplikasi tersebut diluncurkan, penggunanya paling banyak melakukan perjalanan ke luar kota.

"Berdasarkan data internal kami, pengguna Sejalan justru lebih banyak melakukan perjalanan ke luar kota dibanding dalam kota," ucap Kemas saat ditemui GridOto.com beberapa waktu lalu.

Soal keselamatan, kedua belah pihak rasanya gak perlu khawatir, karena masing-masing aplikasi memberi berbagai perlindungan mulai dari pengumpulan informasi data pribadi pengguna, hingga pantauan melalui sistem gps.

Nah, kalau kalian minat mudik menggunakan sistem nebeng, kalian bisa coba mendaftarkan diri di masing-masing aplikasi yang sudah disebutkan di atas! tunggu apa lagi? yuk mudik!

Editor : Hendra

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa