Pasar Otomotif Lesu di Awal Tahun, Gaikindo Optimis Bulan Ramadan Jadi Momentum untuk Tingkatkan Penjualan Mobil Baru

Muhammad Ermiel Zulfikar - Rabu, 15 Mei 2019 | 08:40 WIB
ilustrasi perakitan mobil.
top1.co.id
ilustrasi perakitan mobil.

GridOto.com - Pasar otomotif nasional, khususnya untuk kendaraan roda empat bisa dibilang kurang menggembirakan atau lesu di awal tahun 2019 ini.

Berdasarkan data yang diterima GridOto.com, terjadi penurunan sebesar 11,8 persen untuk penjualan retail selama Januari hingga April 2019 yang hanya mencapai 340.118 unit.

Sementara untuk penjualan wholesales berada di angka 337.321 unit, atau terjadi penurunan sebesar 14,4 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Yohannes Nangoi, selaku ketua umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tidak menapik penurunan yang terjadi.

(Baca Juga : Meski Turun di Kuartal Pertama, Toyota Yakin Efek Ramadan Bisa Bikin Pejualan Naik) 

Meski begitu, dirinya optimis bulan Ramadan ini bakal jadi momentum untuk meningkatkan penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air.

"Justru biasanya sebulan sebelum lebaran atau di bulan Ramadan ini biasanya naik, karena kebanyakan orang yang mau pulang atau mudik itu beli," kata pria yang akrab disapa Nangoi ini saat berada di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Nangoi menambahkan, pihaknya akan terus berusaha agar target penjualan yang ditetapkan yakni 1,1 juta unit di 2019 bisa tercapai hingga akhir tahun nanti.

"Jadi kalau kita lihat kan semester satu itu turun 13 persen, harusnya kalau bisa dia flat 100 persen total tanpa turun aman," papar Nangoi lagi.

"Tapi dengan ini kami harus mengejar ketinggalan yang sudah jualan sebelumnya, mudah-mudahan dalam delapan bulan terakhir ini bisa terkejar," tutupnya.

Editor : Hendra

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa