Ada Batik Sekar Jagad di Mobil Dinas Kabupaten Pamekasan, Ternyata Ini Maknanya

Ditta Aditya Pratama - Senin, 7 Januari 2019 | 18:51 WIB
Mobil dinas Kabupaten Pamekasan pakai batik Sekar Jagad
Kuswanto Ferdian / Tribun Jatim
Mobil dinas Kabupaten Pamekasan pakai batik Sekar Jagad

GridOto.com - Hari ini Pemkab Pamekasan melaunching 90 mobil dinas yang dibranding batik Sekar Jagad.

Motif Batik Sekar Jagad adalah salah satu motif batik khas Pamekasan.

Namun masih banyak masyarakat Pamekasan yang belum mengetahui makna batik Sekar Jagad yang tertempel di 90 mobil dinas milik Pemkab Pamekasan tersebut.

Menurut Herdyanto Wijaya, Desainer Pamekasan, motif batik sekar jagad mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona.

"Ada pula yang beranggapan bahwa motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata "kar jagad" yang diambil dari bahasa Jawa Kar=peta, Jagad=dunia, sehingga motif ini juga melambangkan keragaman di seluruh dunia," ujarnya, Senin (7/1/2019).

Baca Juga : Deretan Modifikasi All New Suzuki Ertiga, Dari Sporty Sampai Berbaju Batik

"Namun, ada pula yang mengatakan bahwa sekar jagad berasal dari kata sekar yang berarti bunga dan jagad yang berarti dunia. Ini menggambarkan bahwa batik sekar jagat bermakna keindahan dan keanekaragaman bunga di seluruh dunia. Hal ini sekali lagi menekankan bahwa batik sekar jagad memiliki makna filosofis keindahan dan keanekaragaman," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Pada sehelai kain batik dapat ditemukan makna tentang hubungan serasi dan harmonis antara manusia dengan Sang Pencipta, manusia dengan alam, dan juga dengan sesamanya.

Tidak hanya itu, motif pada batik sekar jagad juga menyimpan pesan kearifan lokal suatu masyarakat tertentu.

"Oleh karena itu warisan leluhur ini harus dilestarikan, termasuk batik sekar jagad yang sangat terkenal dan juga mejadi icon Batik di Pamekasan," katanya kepada TribunJatim.com.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa