Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Awas, Masih Banyak Pemilik Mobil Mewah yang Pakai Alamat Palsu

Adi Wira Bhre Anggono - Jumat, 28 Desember 2018 | 21:05 WIB
Ilham Firdaus (kanan) dan Kanit PKB BBNKB Jakarta Barat Eling hartono, Rabu (19/12/2018).
Kompas.com/Rima Wahyuningrum
Ilham Firdaus (kanan) dan Kanit PKB BBNKB Jakarta Barat Eling hartono, Rabu (19/12/2018).

GridOto.com - Mahalnya pajak mobil mewah justru ditanggapi dengan cara curang oleh beberapa pemilik mobil berharga mahal tersebut.

Faktanya, seperti yang dialami oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta ketika menagih pajak secara door to door (datang langsung ke alamat wajib pajak).

Petugas ternyata menemukan alamat pemilik mobil mewah yang tidak sesuai dengan kenyataan.

Contohnya seperti kasus Porsche Cayman yang menunggak pajak, ternyata ketika dicari alamatnya justru menuju ke sebuah rumah semipermanen di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Atau sama halnya seperti kasus Ilham Firdaus, warga Tamansari, Jakarta Barat yang namanya tercantum sebagai penunggak pajak Ferrari.

(Baca Juga : 93 Sudah Usang, Kini Marc Marquez Pakai Nomor Start 1 Untuk Musim 2019)

Padahal Ilham sendiri mengaku tak mungkin bisa membeli mobil tersebut, dan tak tahu kenapa namanya bisa tercantum sebagai wajib pajak mobil mewah tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, Kasubdit Regident Polda Metro Jaya AKBP Sumardji, mengatakan, banyak kasus seperti itu yang ternyata pemilik mobil mewah itu meminjam alamat sopir atau orang lain, untuk menghindari membayar pajak biasa hingga progresif.

"Jadi ketika ditelusuri ternyata itu rumah orang lain, kebanyakan menggunakan data sopir pribadinya," kata Sumardji, Rabu (26/12/2018) malam.

"Karena wujud fisik seperti KTP, dan lain sebagainya harus dibawa, kami tidak mungkin mengecek kebenarannya satu per satu," ucap Sumardji.

Editor : Hendra
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa