Bermesin Depan, Chassis Mercedes-Benz OF 1623 RF Diperuntukkan untuk Kendaraan Seperti Ini

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 7 Desember 2018 | 17:05 WIB
Adri Budiman, Head of Bus DVCI saat menjelaskan varian bus terbaru dari Mercedes-Benz
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Adri Budiman, Head of Bus DVCI saat menjelaskan varian bus terbaru dari Mercedes-Benz

GridOto.com - Baru-baru ini PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) luncurkan varian chassis terbaru bermesin depan dari Mercedes-Benz yakni OF 1623 RF.

OF Sendiri merupakan singkatan dari Omnibusse Fronteinbau, merupakan bus Mercedes-Benz yang memakai sasis yang instalasi atau peletakkan mesin ada di bagian depan.

Seri terbaru itu juga merupakan simbol kembalinya bus Mercedes-Benz bermesin depan di Indonesia, setelah lebih dari 20 tahun.

Adri Budiman, Head of Bus DVCI mengungkapkan, chassis tersebut dirancang untuk turut meningkatkan kualitas moda transportasi darat.

(BACA JUGA: Sudah Euro 3, Mesin Bus Mercedes-Benz Baru Enggak Masalah Nenggak Biodiesel B20)

"Chasis ini (OF 1623 RF) bermesin depan, diperuntukkan untuk jarak dekat dan pariwisata," ujar Adri saat berada di kawasan ICE-BSD, Banten, Kamis (6/12/2018).

Adri menambahkan, chassis tersebut menggandeng mesin 6.400 cc berbobot 16 ton dan sudah berstandar emisi Euro 3.

Daimler resmi luncurkan chassis terbaru dari Mercedes-Benz yakni OF 1623 RF
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Daimler resmi luncurkan chassis terbaru dari Mercedes-Benz yakni OF 1623 RF

Pihaknya mengklaim, tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan produk-produk lain di kelasnya.

"Mesin ini juga digunakan di OH 1626 dan OH 1526, dipadukan dengan transmisi terbaru kami yakni G-85 6 percepatan yang punya tenaga sebesar 230 dk dan torsi 810 nm," imbuh Adri.

"Dipadukan dengan teknologi flat torque di range 1.200 sampai 1.600 rpm, ketika pengemudi menemukan tanjakkan tidak perlu harus berpindah sampai ke gigi yang paling rendah," tutupnya.

(BACA JUGA: Dengarkan Suara Konsumen, Daimler Luncurkan Dua Sasis Bus Mercedes-Benz Terbaru)

Selain itu, chassis ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan, seperti full air brake system, dilengkapi dengan rem tambahan exhaust brake serta open throttle valve.

Dijual dalam bentuk tanpa bodi dan interior, chassis dengan model mesin depan tersebut dibanderol Rp 649 juta off the road.

Editor : Hendra

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X