Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Kerusakan Alam, Pertamina Buka Ekowisata Mangrove di Cirebon

M. Adam Samudra - Rabu, 26 September 2018 | 12:46 WIB
Kawasan Arboretum Mangrove
Adam/GridOto
Kawasan Arboretum Mangrove

GridOto.com - PT Pertamina RU VI Balongan kembali menunjukkan komitmen untuk melestarikan lingkungan dan mencegah kerusakan alam.

Kali ini, Pertamina RU VI program CSR berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan Ekowisata Mangrove Berbasis Edupark Terintegrasi.

Rustam Aji, Unit Manager Communication & CSR RU VI Balongan PT Pertamina mengatakan kerusakan lingkungan pesisir di Desa Karangsong perlu dilindungi.

"Mengingat Indramayu merupakan kabupaten dengan garis pantai yang cukup panjang, PLH tematik mangrove mestinya akan menjadi kebanggaan dan ciri khas masyarakat Kabupaten Indramayu," ujar Rustam Aji kepada wartawan di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (26/9/2018).

(BACA JUGA: Belum Banyak yang Tahu, Kilang Pertamina RU VI Balongan Jadi yang Pertama Produksi Pertamax Turbo)

Tak hanya itu, kegiatan lain seperti pendampingan dan pemberdayaan kelompok masyarakat, pengembangan sarana dan prasana, serta melakukan penelitian dan studi inovasi.

Turut hadir kelompok masyarakat seperti Pantai Lestari dan Jaka Kencana, juga dengan dinas-dinas terkait di Pemerintah Daerah Indramayu.

Agar dapat berkelanjutan, penyusunan strategi program mengacu ke konsep 3P: people (keberlanjutan sosial), profit (keberlanjutan ekonomi), dan planet (kebelanjutan lingkungan).

"Pertamina melihat potensi adanya kelompok peduli lingkungan, juga potensi bahwa mangrove bisa dikembangkan sebagai pusat konservasi dan pendidikan, sekaligus dimanfaatkan menjadi berbagai olahan," tambahnya.

(BACA JUGA: Mantap! Pertamina Catat Konsumsi Pertalite Naik 37 Persen)

Tak hanya di bidang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, di bidang ada 2017, Pertamina bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu mendorong pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup (PLH) tematik mangrove di 11 sekolah dasar (SD) di tiga kecamatan di Kabupaten Indramayu.

Pada 2018, jumlah sekolah yang menerapkan PLH tematik mangrove makin meningkat menjadi 26 sekolah.

Program itu pun diharapkan mampu menjadi tongkat estafet penjaga lingkungan pantai Indramayu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa