Jangan Kaget, Ini Jadwal Genap Ganjil Selama Asian Games 2018 di Jakarta

Niko Fiandri - Kamis, 21 Juni 2018 | 10:40 WIB
Ilustari jalur pelat nomor ganjil genap
Rizky/Otomotifnet
Ilustari jalur pelat nomor ganjil genap

GridOto.com - Enggak mau ambil risiko untuk kelancaran jalan raya di Jakarta saat Asian Games 2018 Agustus mendatang akan diterapkan durasi ganjil-genal di beberapa ruas jalan. 

Jam berlakunya ganjil-genap akan panjang selama Asia Games.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf sudah mengatakan selama Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September 2018, pembatasan kendaraan berdasarkan pelat nomor ganjil-genap akan diberlakukan 15 jam per hari.

Langkah tersebut diambil untuk memperlancar arus lalu lintas di DKI Jakarta, sehingga mempermudah akses para atlet yang akan bertanding.

(BACA JUGA: Sah! Jorge Lorenzo Masuk Jajaran Pembalap yang Bisa Meraih Kemenangan Secara Beruntun Bersama Ducati)

Ketika ditanya, Brigjen Pol Halim Pagarra, Dirregident (Direktur Registrasi dan Identifikasi) Korlantas Polri juga membenarkan.

Namun, masih didiskusikan dengan pemerintah bagaimana teknis lengkapnya.

"Kita akan putuskan sama-sama dengan pemerintah, tetapi yang direkomendasikan memang seperti itu," ujar Halim belum lama ini di Sunter, Jakarta Utara.

Asean Games, menurut Halim merupakan ajang olahraga internasional, sehingga agar Indonesia dilihat oleh dunia aman dan nyaman, maka perlu ada penyesuaian, salah satunya dengan memperluas pembatasan pelat nomor kendaraan ganjil-genap.

"Sekarang tinggal bagaimana masyarakatnya itu sendiri, dan kami meminta kepada pengguna jalan lain agar mematuhi semua aturan yang berlaku di jalan raya," kata Halim.

Aturan ganjil-genap di sejumlah ruas jalan Jakarta, biasanya diberlakukan pada Senin-Jumat pukul 06.00-10.00 WIB, dan 16.00-20.00 WIB.

Rencana selama Asean Games diberlakukan setiap Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB atau selama 15 jam dalam satu harinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganjil-Genap saat Asean Games Dibuat 15 Jam Sehari"

Editor : Niko Fiandri
Sumber : Kompas.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa