Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia Pemegang Rekor Kecepatan di Tong Setan, Tembus 125 Km/jam!

Ditta Aditya Pratama - Sabtu, 17 November 2018 | 20:37 WIB
Aksi tong setan di Burnout 2017
A. Rhaditstya Putra/via Instagram @burnout_id
Aksi tong setan di Burnout 2017

GridOto.com - Kalau suka main ke acara hiburan lokal seperti pasar malam, kamu mungkin tahu dengan tong setan atau tong stand.

Meski terlihat simpel hanya berputar-putar saja, namun aksi di tong setan cukup menegangkan karena pelakunya seperti melawan gravitasi sehingga bisa menempel di dinding tong yang bersudut hingga 90 derajat.

Meski bernama tong setan, enggak ada hal mistis yang terjadi di sini karena semuanya bisa dihitung dengan rumus fisika. Ada dua gaya yang bermain di sini, gaya sentrifugal dan gaya sentripetal.

Gaya sentrifugal arahnya ke luar lintasan lingkaran membuat roda bisa menempel seolah rider tertarik ke arah tembok dan membuat gaya kontak antara tembok.

(BACA JUGA: Burnout 2018 Hadirkan Tong Setan Dengan Motor 'Langka')

Sedangkan gaya kontak tembok menahan beban rider itu gaya sentripetalnya. Maka semakin tinggi kecepatannya, maka semakin besar gaya sentripetal maupun sentrifugalnya.

Eh ternyata tong setan enggak populer di Indonesia saja, di luar negeri aksi ini juga dikenal dengan nama wall of death.

Nah agar pengguna motor atau mobil bisa menempel di tembok, harus tetap melaju secara konstan agar tidak tertarik lagi oleh gravitasi.

Guy Martin, Sang Pemegang Rekor Kecepatan di Tong Setan
Ryan Mcnamara / http://www.guinnessworldrecords.com

Rekor kecepatan tong setan tertinggi yang tercatat oleh Guinness World of Records dipecahkan pada tahun 2016 oleh Guy Martin, seorang mekanik truk asal Inggris yang juga seorang pembalap di angka 125 Km/jam.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa