Blast From The Past! Lamborghini Miura, Supercar Pertama yang Memulai Perang dengan Ferrari

Ditta Aditya Pratama - Kamis, 15 November 2018 | 08:24 WIB
Lamborghini Miura
Classic Driver
Lamborghini Miura

GridOto.com - Ngomongin supercar dijamin enggak bakalan jauh dari Lamborghini, namun Lamborghini Miura adalah supercar pertama yang memulai perang antara Lambo dengan Ferrari.

Punya julukan 'the original supercar', Lamborgini Miura adalah mobil yang memulai template mesin tengah dan berpenggerak roda belakang untuk supercar hingga saat ini.

Di artikel Blast From The Past ini selain ngebahas Lamborghini Miura, bakal kita ceritain sedikit sejarah antara Lamborghini dan Ferrari yang memang rada menarik buat disimak nih.

Adalah Ferrucio Lamborghini, seorang pengusaha traktor yang sukses dan seperti orang kaya pada masanya, ia memiliki sebuah mobil Ferrari, tepatnya Ferrari 250GT.

(BACA JUGA: Blast From The Past! Honda CBX125F, Motor Satu Silinder yang Pakai 2 Karburator)

Suatu saat, Ferrucio Lamborghini bertemu Enzo Ferrari dan berkata kalau mobil buatannya bagus, tapi mesinnya rada berisik dan koplingnya sering bermasalah. Sudah itu kalau mau servis harus diangkut jauh-jauh ke pabriknya Maranello.

Gimana perasaan kamu saat Enzo Ferrari cuma membalas, "Kamu ngerti apa soal mobil. Sudah balik lagi ke kampung sana bikin traktor."

Dipanasin seperti itu, Lamborghini yang ilmu mesinnya enggak cetek akhirnya memutuskan untuk membuat mobil kencang namun dengan fokus yang berbeda banget kalau dibanding mobil kencang Ferrari.

Kalau mobil Ferrari adalah mobil balap track oriented yang bisa dipakai di jalan raya, Lamborghini ingin sebaliknya, mobil buatannya harus nyaman digunakan di jalan raya namun bisa juga digeber kencang.

Lalu gimana ceritanya sampai ke Lamborghini Miura yang menjadi mobil paling ikonik pada masanya bahkan tetep bikin orang melongo sampai sekarang?

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Donut Media,Wikipedia,lamboweb.com,Girardo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X