Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemenperin Ingin Kendaraan Listrik Pakai Baterai Berbahan Nikel Kobalt

Naufal Shafly - Kamis, 18 Oktober 2018 | 22:45 WIB
Ilustrasi mobil listrik
KompasOtomotif
Ilustrasi mobil listrik

GridOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong para produsen otomotif di Indonesia untuk mengembangkan kendaraan listrik di tanah air.

Hal tersebut, untuk mewujudkan pengurangan emisi karbon di Indonesia, sesuai dengan road map industri otomotif yang beberapa waktu lalu digalakkan pemerintah.

Belakangan ini, Kemenperin berupaya menggandeng beberapa para pelaku industri untuk mengembangkan baterai nikel kobalt di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan, dengan alasan baterai nikel kobalt lebih mudah untuk didaur ulang ketimbang baterai lithium.

(BACA JUGA: Kemenperin Terus Dorong Industri Kendaraan Listrik)

"Bagaimana kita mendaur ulang, karena kalau (menggunakan) lithium juga saya sudah bicarakan dengan pabrikan otomotif, mereka masih ada rintangan untuk (proses) daur ulang itu," ucap Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto di Bali beberapa waktu lalu.

"Tapi kalau Nikel, saya rasa bisa di-recycle dengan lebih baik," kata Harjanto.

Langkah ini dilakukan agar masalah limbah industri otomotif di Indonesia bisa teratasi, baik yang berupa limbah pembakaran (emisi gas buang), maupun limbah baterai.

"Karena kita gak mau menyelesaikan masalah emisi, tapi kita menciptakan waste di tempat lain yang berupa baterai kendaraan listrik. Ini juga yang harus kita selesaikan," kata Harjanto.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa