Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Rp 600 Juta ART dan Manhart Tampilkan BMW 1M Coupe 450 DK, Apa Rahasianya?

Ivan Casagrande Momot - Minggu, 5 Agustus 2018 | 17:46 WIB
Setiady dari ART dan Adam perwakilan Manhart, Jerman
Ivan Casagrande Momot
Setiady dari ART dan Adam perwakilan Manhart, Jerman

GridOto.com - Workshop Auto Racing Technik (ART) ikut berpartisipasi di GIIAS 2018 dengan menggandeng tuner dunia asal Jerman, Manhart Performance.

ART yang bermarkas di Kelapa Gading, Jakarta Utara memang dikenal sebagai bengkel spesialis sportscar langka. Dan penampilan mereka di GIIAS kali ini turut memboyong sebuah monster berbasis BMW 1M.

Mobil berlabel Manhart MH1 CSL ini sudah dimodifikasi menyeluruh mulai dari eksterior, mesin, sasis, ECU, pengereman, suspensi, kaki-kaki hingga parts aerodinamika.

mesin pakai M3 M92 S65 8 silinder 4.000cc
Ivan Casagrande Momot
mesin pakai M3 M92 S65 8 silinder 4.000cc
"Mobil BMW 1M ini aslinya bermesin 6 silinder 3.000cc twin turbo dengan tenaga 340 dk. Oleh kami di-engine swap pakai mesin V8 berkode S65 dengan kapasitas 4.000cc Naturally Aspirated sampai tenaganya tembus 450 dk" buka Setiady Sungkono bos ART di GIIAS, Minggu (5/8).

Yups, unit mesin bertenaga lebih besar ini aslinya dipakai pada BMW M3 E92. Enggak heran kalau sistem pengereman mobil ini ikut diubah memakai kaliper rem custom 4 piston di depan dan 6 piston di belakang.

Bagian bodi juga upgrade memakai part bodi berbahan serat karbon. Termasuk memperkuat sasis plus penggunaan suspensi coilover buatan Ohlins.

bagasi dengan duck tail berbahan serat karbon ikut mereduksi bobot
Ivan Casagrande Momot
bagasi dengan duck tail berbahan serat karbon ikut mereduksi bobot
"Untuk saat ini fokus kami ingin mengembangkan engine swap ke berbagai sportscar. Tapi dengan kerjasama langsung dengan Manhart, kami bisa belajar dan mengembangkan transfer teknologi ke mobil jenis lain" tambah Setiady.

Oh ya buat yang penasaran dan berminat, proses engine swap ke BMW 1M ini dikerjakan selama 6 bulan. Adapun budget modifikasi ialah Rp 600 jutaan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa