Bukan Cuma Luar, Bagian Dalam Rangka eSAF Rawan Muncul Karat!

Mohammad Nurul Hidayah - Sabtu, 26 Agustus 2023 | 07:40 WIB

Cek bagian dalam rangka eSAF milik Honda Scoopy buatan tahun 2020 (Mohammad Nurul Hidayah - )

Gridoto.com - Bukan cuma bagian luarnya saja, ternyata bagian dalam rangka eSAF di motor matic Honda rawan muncul karat.

Bagian dalam rangka eSAF yang rawan muncul karat ini sempat disebut Masno selaku pemilik bengkel las Kaya Teknik spesialis repair rangka motor karat dan keropos saat bertemu tim Gridoto.

Saat menangani rangka eSAF milik konsumennya yang keropos, Masno menyebut kalau bagian dalam rangka juga muncul karat dan diduga jadi penyebab rangka keropos.

"Banyak rangka yang karat dan keropos itu dimulai dari bagian dalamnya. Jadi bagian luarnya kelihatan masih bagus, tapi bagian dalam rangkanya yang karat parah dan bikin keropos," ucap Masno.

Baca Juga: Badan Perlindungan Konsumen Nasional Kirim Surat Ke AHM Minta Klarifikasi Rangka eSAF

Berdasar dari informasi dari Masno, tim Gridoto melakukan investigasi ke bengkel spesialis repaint motor JK Motoworks milik Yuka Farresto di Ruko Griya Cinere 2 Blok 49 No.48, Jalan Limo Raya, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Kebetulan di bengkelnya ada motor Honda Vario 160 dan Scoopy milik konsumen yang minta direpaint bagian rangka eSAF-nya.

Aan Otomotif
Pakai kamera endoscope yang dihubungkan ke smartphone buat melihat bagian dalam rangka

Untuk mengecek ke bagian dalam rangka eSAF, Gridoto menggunakan kamera endoscope yang dihubungkan ke smartphone.

Rangka yang dicek bagian dalamnya adalah rangka eSAF milik Honda Scoopy keluaran tahun 2020. Pilih Scoopy karena bagian belakang rangkanya memiliki lubang yang gampang untuk memasukan kamera endoscope.