Buat Sambut MXGP 2023, Pemprov NTB Sampai Mau Sulap Eks Bandara Selaparang Jad Trek

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 30 Maret 2023 | 18:20 WIB

Pemprov NTB wacanakan, buat sulap eks Bandara Selaparang jadi trek MXGP. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Sejumlah persiapan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB), guna menyambut dua seri MXGP 2023 yang digelar di wilayahnya.

Rinciannya yakni MXGP Sumbawa 2023 yang rencananya digelar pada 25 Juni nanti,  dilanjutkan dengan MXGP Lombok 2023 pada 2 Juli mendatang.

Adapun untuk persiapan yang dilakukan Pemprov NTB, yaitu mewacanakan penggunaa eks Bandara Selaparang Lombok, Kota Mataram menjadi sirkuit MXGP.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, membenarkan adanya wacana tersebut dan menyebutkan kalau ada beberapa pihak yang sempat melakukan penolakan.

Tribunlombok.com/Robbyan Abel Ramdhon
Eks Bandara Selaparang diwacanakan mau disulap jadi trek MXGP 2023.

Salah satunya Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram yang awalnya menolak, karena tanah eks Bandara Selaparang dianggap sebagai kawasan resapan air.

Hanya saja setelah diberikan penjelasan teknisnya, pihak Pemkot Mataram justru menyetujui konsep sirkuit MXGP di eks Bandara Selaparang.

"Kalau MXGP kan sirkuitnya pakai tanah dan bukan aspal, jadinya tetap bisa menyerap air," ujar pria yang akrab disapa Bang Zul ini, dikutip dari Tribunlombok.com, Selasa (28/03/2023).

Bang Zul menambahkan, cerita berbeda justru terjadi di Sirkuit Samota yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga: Sambut MXGP Sumbawa 2023, Pemerintah Lakukan Sejumlah Persiapan

Megingat treknya sudah ada, ditambah akomodasi sekitar Sirkuit Samota juga sudah cukup lengkap, seperti penginapan, restoran dan lainnya.

Walau begitu, Bang Zul tetap merasa khawatir, khususnya terkait logistis untuk MXGP yang dikirim ke NTB.

"Dari Jerman kan langsng ke NTB, nanti dari NTB juga ke luar negeri," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunLombok.com dengan judul NTB Tuan Rumah MXGP 2023, Eks Bandara Selaparang Disulap Jadi Sirkuit Motocross.