Gara-gara Mercedes, Tim Aston Martin Masih Kesulitan Kejar Red Bull

Rezki Alif Pambudi - Kamis, 30 Maret 2023 | 17:37 WIB

Mobil Aston Martin kalah dari Red Bull gara-gara Mercedes? (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Mercedes disebut-sebut sebagai biang masalah yang membuat mobil Aston Martin AMR23 masih kalah dari Red Bull RB19 di awal F1 2023.

Jadi sebenarnya Aston Martin AMR23 masih bisa mengeluarkan potensi terbaiknya lagi untuk mengejar Red Bull RB19, namun terkendala karena sejumlah komponen yang dipasok oleh Mercedes.

Sebagaimana diketahui, Aston Martin adalah tim customer power unit Mercedes di F1 2023.

Selain power unit, tim yang dibela Fernando Alonso dan Lance Stroll ini juga membeli beberapa komponen seperti suspensi, girboks dan lainnya dari raksasa Jerman.

Sedangkan untuk desain mobil, Aston Martin melakukannya secara sendiri meski masih meminjam fasilitas terowongan angin milik Silver Arrow.

Nah para desainer kabarnya menemukan ketidakoptimalan desain AMR23 karena desain komponen girboks yang dibeli dari Mercedes.

Jadi meski desain mobilnya sudah bagus, performanya masih belum maksimal karena ketidakcocokan dengan desain girboks yang dibeli dari pemasok.

Khususnya di lurusan, di mana Red Bull punya keunggulan luar biasa yang sementara ini sulit dikejar brand mobil yang dipakai di film James Bond tersebut.

Dengan girboks Mercedes, diffuser AMR23 menjadi tidak seefektif Red Bull yang mobilnya sangat kencang saat lurusan.

Baca Juga: Ambisi Muluk-muluk Gagal Total, Porsche Batal Masuk F1 di 2026