Kuota Mudik Gratis 2023 Kemenhub Bisa Dibuka Kembali, yang Sudah Daftar Harus Buruan Validasi

Naufal Nur Aziz Effendi - Sabtu, 25 Maret 2023 | 09:56 WIB

Ada kemungkinan pendaftaran mudik gratis 2023 Kemenhub kembali dibuka, yang sudah daftar harus segera validasi. (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) kemungkinan membuka kembali pendaftaran mudik gratis 2023.

Untuk saat ini, program mudik gratis 2023 dari Kemenhub sudah ditutup karena kuota yang tersedia sudah terpenuhi.

Adapun total kuota yang disediakan dalam program mudik gratis tersebut sebanyak 24.072 penumpang dengan 585 unit bus.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Suharto mengatakan, meski saat ini ditutup, ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali jika ada pendaftar yang tidak melakukan validasi sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

“Jika yang daftar tidak melaksanakan validasi, maka dianggap batal,” tutur Suharto dalam media Briefing di Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Karena hal tersebut, Suharto mengimbau kepada masyarakat yang telah mendaftar program mudik gratis dengan bus, untuk melakukan validasi ulang di posko yang sudah ditentukan, maksimal 7 hari setelah pendaftaran.

Sementara, untuk masyarakat yang masih ingin mendaftar agar mengecek aplikasi Mitra Darat secara berkala karena ada kemungkinan pendaftaran dibuka kembali.

Validasi ulang bisa dilakukan pada 08.00-16.00 WIB di 5 titik, antara lain GOR Bulungan Jakarta, Terminal Margonda Depok, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Kantor Dinas Perhubungan Tangerang, serta Terminal Kayuringin Bekasi.

Kuota dari penumpang yang tidak melakukan validasi ulang otomatis akan masuk kembali pada sistem Mitra Darat sehingga bisa dipilih oleh penumpang lainnya yang akan mendaftar.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Siapkan Puluhan Bus Mudik Gratis 2023, Tersedia Ribuan Kursi denagan 12 Wilayah Tujuan