Cegah Kecelakaan, Menhub Imbau Masyarakat Manfaatkan Mudik Gratis Ketimbang Pakai Motor

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 14 Maret 2023 | 11:35 WIB

Ilustrasi mudik lebaran menggunakan motor (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan motor pada musim lebaran 2023.

Adapun imbuan tersebut dilakukan, lantaran mudik jarak jauh menggunakan motor sangat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

"Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Senin (13/03/2023).

Budi Karya menambahkan, masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai dari penumpang sampai motor dapat diangkut secara gratis.

"Selain penumpang, motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," tambah Menhub.

Program mudik gratis ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah pemudik pengguna motor, dimana pada tahun ini diprediksi mencapai 25,13 juta orang.

"Kita lihat penggunaan motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin," ungkap Menhub.

Oleh karena itu, ia mengimbau program mudik gratis juga dapat dilaksanakan oleh berbagai pihak baik itu Kementerian/Lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta agar kuotanya semakin banyak.

"Dengan semakin banyaknya kuota mudik gratis, kita harapkan dapat menekan jumlah pemudik yang menggunakan motor, mengurangi angka kecelakaan yang banyak melibatkan pengguna motor," jelasnya.

Pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2023, Kemenhub kembali menyelenggarakan program mudik gratis baik melalui jalur darat, laut dan kereta api.

Baca Juga: 123 Juta Orang Diprediksi Bakal Mudik Lebaran 2023, Mobil Pribadi Masih Jadi Angkutan Favorit

Dok. KAI Logistrik
Kementerian Perhubungan siapkan 10 ribu slot mudik motor gratis (Motis) 2023


 
Pada program angkutan motor gratis dengan kereta api, menyediakan kapasitas hingga 46 ribu lebih penumpang dan 10 ribu lebih unit motor yang akan diberangkatkan menggunakan kereta api.
 
Selanjutnya, program mudik gratis dengan bus, menyediakan kapasitas hingga 24 ribu lebih penumpang yang diberangkatkan menggunakan bus dan 900 unit motor menggunakan truk.

Kemudian, program mudik gratis motor naik kapal laut, menyediakan kapasitas hingga 5.000 penumpang dan 2.500 motor yang diberangkatkan menggunakan kapal laut.