Komentar Pengunjung IIMS 2023 Buat Suzuki Grand Vitara Terbaru, Berapa Harga yang Pas?

Naufal Shafly - Jumat, 24 Februari 2023 | 19:15 WIB

Suzuki Grand Vitara mencuri perhatian pengunjung IIMS 2023. (Naufal Shafly - )

GridOto.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak kunjung mengumumkan harga Grand Vitara terbaru, sejak kemunculannya di ajang pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Kamis (16/2) lalu.

Adapun Suzuki Grand Vitara terbaru dipasarkan di Indonesia dengan dua tipe, yakni GL dan GX yang seluruhnya menggunakan transmisi automatic.

Sport Utility Vehicle (SUV) Compact yang punya sejarah panjang di Tanah Air ini, kini dibekali dengan mesin K15C dual injector berkapasitas 1.462 cc dengan teknologi Mild Hybrid.

Mesin tersebut diklaim memiliki tenaga maksimal 101,6 dk/6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm/4.400 rpm.

Karena belum juga diumumkan, kira-kira berapa ya harga yang cocok buat Suzuki Grand Vitara terbaru ini?

Untuk itu tim GridOto.com pun mencoba bertanya ke beberapa pengunjung IIMS 2023, terkait impresi dan estimasi harga yang sekiranya pas untuk SUV Compact tersebut.

Salah seorang pengunjung beranama Trianto Ayadi (39 tahun), memberikan impresinya dan mengaku terkesima dengan tampilan eksteriornya.

"Kalau dari luar (eksterior) sporty, keren. Suzuki menurut saya kayak 'naik kelas' dengan Grand Vitara ini. Karena kan mereka biasanya main di segmen entry level," ucap pria yang akrab disapa Adi ini saat ditemui GridOto.com, Rabu (22/2/2023).

Saat ditanya berapa harga yang sekiranya cocok untuk Grand Vitara, Adi berpendapat SUV legendaris ini pantas dijual dengan harga Rp 300 juta sampai Rp 400 jutaan.

Baca Juga: Suzuki Grand Vitara Sapa Indonesia, Ini Bedanya Dengan Versi India

"Kalau tebakan saya sih mungkin sekitar Rp 400 jutaan. Varian yang paling murah mungkin Rp 380 jutaan, yang tertinggi Rp 400 juta sampai Rp 410 juta," ucapnya.

Sementara pengunjung lain bernama Samuel Stefan (30), mengatakan Suzuki Grand Vitara terbaru cukup oke untuk sebuah SUV.

"Bagus sih, tampangnya keren kayak SUV zaman sekarang, fiturnya juga lumayan banyak ya, tadi dijelasin salesnya ada sunroof, camera (360°), mesin (Mild) hybrid," kata Samuel.

Naufal/GridOto.com
Sejumlah pengunjung IIMS 2023 melihat Suzuki Grand Vitara.


Soal harga, ia memprediksi Suzuki Grand Vitara terbaru akan dijual dengan banderol di bawah Rp 400 jutaan.

"Tadi dengar-dengar kisaran harganya Rp 360 juta sampai Rp 390 juta, kalau menurut saya sih harga segitu oke-oke aja," ucapnya.

Kemudian pengunjung lainnya bernama Kristianto (44 tahun), mengaku suka dengan tampilan eksteriornya.

Namun tidak untuk bagian interior, karena ada beberapa komponen yang menurutnya kurang secara desain.

Angga Raditya
Interior Suzuki Grand Vitara 2023

"Kalau luarnya (eksterior) sih bagus-bagus aja menurut saya. Tapi dalamnya (interior) saya kurang suka," ucap Kristianto.

"Beberapa bagian menurut saya kurang oke, kayak misalnya tuas transmisinya, itu menurut saya posisinya terlalu tinggi dan bahannya (material) kayak kurang bagus aja," lanjutnya.

Baca Juga: Intip Lebih Dekat Mobil Baru Suzuki Grand Vitara GL, Fiturnya Apa Aja?

Saat ditanya banderol yang cocok, Kristianto menyebut harga Grand Vitara harus berada di tengah-tengah kompetitornya.

"Ya mungkin mepet di tengah-tengah (kompetitor) lah, Rp 300 juta sampai Rp 400 jutaan mungkin," tuturnya.