Mampukah Innova Hybrid Tempuh Jakarta-Bali dengan Satu Tangki Penuh?

Trybowo Laksono - Rabu, 8 Februari 2023 | 19:08 WIB

Innova Zenix G Hybrid di ulasan Single Tank Challenge (Trybowo Laksono - )

GridOto.com - Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid mencetak hasil gemilang saat kami tes lengkap performanya.

Di segmen akselerasi Kijang hibrida ini bisa menyelesaikan 0-100 km/jam dalam 9,3 detik, yang menjadikannya sebagai Kijang tercepat yang pernah ada.

Di performa efisiensi pun luar biasa karena di rute Dalam Kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam ia bisa dapat 19,2 km/l.

Lalu di rute Tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid meraih 18,8 km/l.

Tapi yang istimewa adalah catatan di rute Kombinasi dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam, Zenix G Hybrid mencetak 24,9 km/l.

Hasil ini memantik rasa penasaran kami, dengan rute Kombinasi yang cocok untuk perjalanan luar kota, sebenarnya sebarapa jauh jarak yang bisa ditempuh Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid?

Apalagi kapasitas tangki bahan bakarnya lumayan besar, 52 liter.

Baca Juga: Bagai Kijang ‘Sport’, Sekencang Ini Tes Akselerasi Innova Zenix Hybrid

Dikemas dalam ulasan GridOto Innova Zenix Max Experience, Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid kami tantang untuk melaju sejauh mungkin dengan satu tangki bahan bakar penuh sampai mati.

Start dari kantor GridOto di kawasan Palmerah, Jakarta Selatan (8/2), kami melaju ke arah timur pulau Jawa dengan 1 tangki penuh.

Kalkulasinya, dengan konsumsi BBM di rute Kombinasi bisa 24,9 km/l yang dikali kapasitas tangki BBM 52 liter, maka secara teori Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid bisa melaju sekitar 1.295 km.

Jangkauan teoritis mestinya membuat Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid bisa melewati exit tol Surabaya dan bahkan melaju terus ke arah pulau Bali.

Tapi memang itu semua tergantung pada banyak hal termasuk dan terutama kelancaran lalu lintas.

So, kira-kira mana kota terjauh yang dicapai Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid dengan 1 tangki penuh ya?