Punya Stok Ban Motor Baru di Rumah, Begini Posisi Menyimpan yang Benar

Wisnu Andebar - Sabtu, 28 Januari 2023 | 14:15 WIB

Cara menyimpan ban motor yang benar, ditidurkan atau berdiri? (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Jika sobat memiliki stok ban motor baru di rumah, perlu mengetahui cara menyimpannya agar selalu dalam keadaan baik.

Menurut Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, menyimpan ban motor sebaiknya dalam posisi ditidurkan saja.

"Tujuannya supaya beban merata dan ban motor tidak hanya bertumpu pada area tertentu," kata Dodiyanto kepada GridOto.com belum lama ini

"Sebab jika ban motor disimpan pada posisi berdiri dalam jangka waktu lama, dikhawatirkan berpengaruh terhadap tapak ban yang bersentuhan dengan lantai karena beban bertumpu pada area tersebut," sambungnya.

Ia menyarankan, jika mau menyimpannya dalam posisi berdiri sebaiknya dibuat rak khusus agar ban tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

Sementara Jimmy Handoyo, Tech. Service Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), produsen ban FDR mengungkapkan, boleh saja menyimpan ban dalam posisi berdiri namun dengan satu syarat.

"Menyimpan ban bisa digantung atau berdiri, tapi diputar setiap dua minggu sekali supaya tumpuan tidak terpusat di satu posisi," terang Jimmy.

Selain itu, usahakan menyimpan ban di tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

"Karena dikhawatirkan karet akan lebih cepat getas sehingga timbul retak-retak pada dinding ban," pungkas Jimmy.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Pentil Ban Motor Tubeless Juga Bisa Rusak