Resmi, Ken Kawauchi Jadi Manajer Teknik Honda di MotoGP 2023 Gantikan Takeo Yokoyama

Rezki Alif Pambudi - Sabtu, 21 Januari 2023 | 15:58 WIB

Honda tunjuk Ken Kawauchi gantikan Takeo Yokoyama di MotoGP 2023 (Rezki Alif Pambudi - )

GridOto.com - Manajer Honda Racing Corporation (HRC) MotoGP, Alberto Puig, resmi mengumumkan bergabungnya Ken Kawauchi di MotoGP 2023.

Ken Kawauchi akan menjabat sebagai Manajer Teknik Honda di MotoGP 2023, menggantikan Takeo Yokoyama.

Kawauchi akan bersama-sama dengan Shinichi Kokubu yang masih menjabat Direktur Teknik, memimpin pengembangan motor Honda RC213V di MotoGP 2023.

Sedangkan Takeo Yokoyama dipanggil kembali ke markas pusat untuk menjadi pelatih insinyur Honda di Jepang.

"HRC telah mengontrak Ken Kawauchi sebagai manajer teknis. Kami mengambil keuntungan dari mundurnya Suzuki. Ken akan menggantikan Takeo Yokoyama, yang dipindah untuk melatih para insinyur muda yang kami miliki di Jepang, sehingga ketika saatnya tiba mereka akan siap untuk Eropa," kata Puig dilansir GridOto.com dari MotoGP.com.

"Takeo adalah bagian penting dari HRC, dan posisi barunya akan menentukan masa depan perusahaan di dunia balap. Kokubu-san tetap menjadi Direktur Teknik," jelasnya.

Selain masuknya Kawauchi, Puig juga mengonfirmasi rumor soal perombakan di keseluruhan struktur tim Honda, baik tim pabrikan ataupun satelit.

Joan Mir yang sempat dipasangkan dengan Ramon Aurin sebagai kepala krunya, kini akan dipasangkan dengan Giacomo Guidotti yang sebelumnya membantu Takaaki Nakagami.

Lalu Ramon Aurin dipindah menjadi kepala kru Stefan Bradl di tim tes Honda.

Baca Juga: Akan Ada Tes Alkohol Rutin di MotoGP 2023, Pembalap Bisa Diskualifikasi

Sedangkan Klaus Nohles akan menggantikan Guidotti sebagai kepala kru baru Takaaki Nakagami.

"Kami telah me-reset, dimulai dengan tim uji, di mana Ramon Aurin datang, yang memiliki banyak pengalaman dengan RCV dan mengetahui sejarah motor. Ramon telah membalap untuk waktu yang lama dan pengalamannya akan menjadi fundamental untuk tim penguji," sambung Puig.

"Klaus Nohles, yang menempati posisi ini hingga sekarang, akan menjadi kepala kru Takaaki Nakagami. Klaus masih muda tetapi sudah memiliki beberapa pengalaman dan siap bertarung bersama pebalap reguler. Giacomo Guidotti kembali ke Repsol Honda. Sedangkan di kubu Marc, semuanya tetap sama," jelasnya.