Profil Martin Otoproject, Berawal dari Salesman Hingga Punya Ribuan Distributor di Indonesia

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 20 Januari 2023 | 08:05 WIB

Dulu jadi sales biasa, sekarang Martin bisa membawa brand aksesoris mobil Otoproject miliknya sendiri punya tiga ribu distributor di Indonesia. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Nama Otoproject kini sudah tidak asing terdengar bagi para pecinta otomotif Tanah Air, khususnya dunia aftermarket roda empat.

Otoproject saat ini menawarkan berbagai jenis aksesori aftermarket, baik itu untuk bagian eksterior maupun interior mobil.

Sebut saja grille, lampu, roofbox dan roofrail, karpet aftermarket, hingga peranti elektronik seperti wireless charger yang dibuat custom untuk beberapa jenis mobil.

Adalah Martin yang mendirikan merek aftermarket asli Indonesia tersebut, setelah menutup karier sebagai Salesman atau tenaga penjual di salah satu pemasok aksesoris OEM medio 2012.

"Pada dasarnya memang ingin jadi wirausahawan sih," buka Martin dalam bincang-bincang santai dengan GridOto.com, Rabu (19/1/2023)

"Pertama kali buka itu hanya satu kios kecil di MGK Kemayoran, menjual aksesori dibantu oleh jaringan-jaringan yang saya bentuk ketika masih menjadi sales," imbuhnya.

Tidak puas menjual aksesoris milik orang lain, Otoproject akhirnya mulai mengembangkan produk-produknya sendiri sejak 2016.

Kemudian digeluti dengan serius hingga memperluas skala bisnisnya pada 2018, dengan berinvestasi sejumlah mobil yang akan dibuatkan aksesori oleh Otoproject.

Hingga akhirnya Martin bisa mengklaim, bahwa 90 persen barang yang dijual Otoproject adalah hasil pengembangan sendiri.

Baca Juga: Otoproject Siapkan Aksesori Untuk Innova Zenix, Honda HR-V Hingga WR-V